Chat GPT Sebagai Alat Pembelajaran Berbasis Artificial intelligence di Kelas

0 2,548

Pontianak, BSINews — Semakin pesatnya era globalisasi ditandai dengan kemajuan teknologi yang semakin berkembang saat ini, kondisi dimana teknologi sangat berpengaruh dalam kehidupan khususnya pada dunia pendidikan. Salah satu alat teknologi yang saat ini banyak dimanfaatkan dalam dunia pendidikan adalah hadirnya ChatGPT (Generative Pre-Trained Transformer). 

Memahami hal itu, Muhammad Sony Maulana, Nurmalasari, Septian Rheno Widianto, dan Sri Dewi Ayu Safitri yang merupakan dosen Kampus Digital Kreatif  Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat (PM), pada Santri Pondok Asuhan dan Pendidikan Yatim Piatu Dhuafa, Al-Adabiy Pontianak, pada Jumat (14/4/2023).

Baca juga :  Dosen Universitas BSI Gelar Civic Literacy Bagi Remaja Dalam Bermedia Sosial dan Menanggulangi Hoax

Mengusung tema Chat GPT Sebagai Alat Pembelajaran Berbasis Artificial intelligence di Kelas, Muhammad Sony Maulana selaku ketua PM Universitas BSI menjelaskan bahwa kehadiran ChatGPT saat ini banyak dimanfaatkan dalam dunia pendidikan.

“Dengan mempelajari chat GPT dengan penerapan teknologi Artificial Intelligence dapat meningkatkan antusiasme para generasi muda menjadikan sarana pembelajaran dan memberikan kemudahan bagi mereka dalam mendapatkan informasi. kemajuan teknologi dengan kecerdasan buatan seperti ChatGPT memberikan kebaruan dalam dunia teknologi saat ini khususnya dalam penggunaan teknologi di bidang Pendidikan,” jelas Sony.

Chat GPT Sebagai Alat Pembelajaran

Lanjutnya, kurangnya fasilitas pembelajaran yang menarik membuat siswa tidak kreatif dalam pembelajaran. Dengan mempelajari chat GPT dapat meningkatkan antusasime generasi muda untuk menjadi sarana pembelajaran dan memberikan kemudahan bagi mereka dalam mendapatkan informasi serta mempelajari berbagai hal.

“Dengan memanfaatkan chat GPT menunjukkan bahwa tulisan yang dihasilkan oleh Chat GPT dapat dimanfaatkan untuk memotivasi peserta didik dalam menulis sekaligus meningkatkan kemampuan menulisnya,” imbuhnya,

Menurut Sony, Chat GPT dapat dimanfaatkan untuk menghasilkan suatu tulisan yang cukup ilmiah bahkan buku dengan prompt yang dirumuskan diawal dengan teknik yang baik dan efektif.

Baca juga : Sosialisasi Pemanfaatan Teknologi Internet Untuk Generasi Tahfidz Muda Pelopor Kepedulian

“Sebagian besar santri Pondok Al Adabiy Pontianak beleum mengetahui manfaat Chat GPT ini dalam pembelajaran. Inilah yang membuat kami memberikan sosialiasi guna memberikan kemudahan dalam pembelajaran. Chat GPT juga akan membantu siswa belajar dengan cara yang interaktif dan menyenangkan,” tutupnya. (LAG)

 

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.