5 Alasan Kenapa Kamu Harus Gabung UKM Pecinta Alam

0 7,168

BSINews, Sukabumi–UKM Pecinta Alam adalah suatu kelompok atau organisasi mahasiswa yang memiliki minat dan kesadaran untuk melestarikan alam serta meningkatkan pengetahuan tentang keanekaragaman hayati, lingkungan, dan ekosistem. Pada setiap kampus UKM ini biasanya selalu ada, dan menjadi wadah bagi mahasiswa yang memiliki kepedulian tentang peletarian dan konservasi alam.

Baca Juga: UKM Pecinta Alam Universitas BSI Raih Juara 1 dan 2 Lomba Kebut Dayung Se-Indonesia

Dede Wintana selaku koordinator kemahasiswaan Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) kampus Sukabumi mengatakan salah satu kampus yang miliki UKM Pecinta Alam yakni Universitas BSI Kampus Sukabumi, ada UKM Pecinta Alam Universitas BSI Kampus Sukabumi atau sering disebut dengan PELITA.

“UKM Pecinta Alam biasanya mereka kegiatan-kegiatan seperti hiking, camping, penelitian alam, sosialisasi lingkungan, konservasi alam, dan kegiatan lain yang terkait dengan menjaga alam dan meningkatkan kesadaran lingkungan. Bertujuan untuk membantu menjaga alam serta memberikan edukasi dan sosialisasi tentang pentingnya melestarikan lingkungan hidup. Selain itu, UKM Pecinta Alam juga dapat menjadi wadah untuk memperluas pengetahuan dan keterampilan serta untuk menjalin hubungan sosial antar mahasiswa,” jelasnya.

Ia juga memiliki perpekstif tentang 5 Alasan Kenapa Kamu Harus Gabung Ke UKM Pecinta Alam. Berikut penjelasannya, menurut Dede Wintana:

1. Memperluas pengetahuan dan keterampilan
Bergabung dengan UKM Pecinta Alam dapat membantu seseorang untuk memperluas pengetahuan dan keterampilan dalam hal alam dan lingkungan. UKM Pecinta Alam biasanya menyelenggarakan kegiatan seperti hiking, camping, dan kegiatan-kegiatan terkait alam lainnya, yang dapat membantu seseorang untuk mempelajari lebih banyak tentang flora dan fauna, serta tentang cara menjaga alam dan lingkungan hidup.

2. Menjalin hubungan sosial
Bergabung dengan UKM Pecinta Alam juga dapat membantu seseorang untuk menjalin hubungan sosial dengan orang-orang yang memiliki minat yang sama. Ini dapat membantu seseorang untuk memperluas lingkaran sosial mereka, serta memberikan kesempatan untuk belajar dari orang lain.

3. Menjaga kesehatan fisik dan mental
Kegiatan-kegiatan di UKM Pecinta Alam seperti hiking dan camping dapat membantu seseorang untuk menjaga kesehatan fisik dan mental mereka. Olahraga di alam terbuka dapat membantu meningkatkan kebugaran fisik, sementara alam yang tenang dan damai dapat membantu mengurangi stres dan meningkatkan kesehatan mental.

4. Meningkatkan kesadaran lingkungan
Bergabung dengan UKM Pecinta Alam dapat membantu seseorang untuk menjadi lebih sadar tentang lingkungan dan cara menjaganya. UKM Pecinta Alam sering kali memperjuangkan kegiatan-kegiatan yang berfokus pada konservasi alam, pengelolaan limbah, dan peningkatan kesadaran lingkungan.

Baca Juga: UKM Pecinta Alam UBSI Kampus Kabupaten Karawang Juara Video Profil Ormawa

5. Menyediakan kesempatan untuk petualangan dan pengalaman yang menarik
UKM Pecinta Alam menyediakan kesempatan untuk petualangan dan pengalaman yang menarik di alam terbuka. Ini dapat membantu seseorang untuk mengembangkan rasa ingin tahu dan semangat petualangan mereka, serta memberikan pengalaman yang tak terlupakan dan berharga dalam hidup mereka.(RDX)

Leave A Reply

Your email address will not be published.