Ciptakan Data Scientist, Universitas BSI Gelar Sosialisasi Satria Data 2023

0 29

Jakarta, BSINews — Dalam rangka mempersiapkan mahasiswa mengikuti Kompetensi Bidang Statistika dan Sains Data, Kampus Digital Kreatif Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) mengadakan Sosialisasi Satria Data 2023 (Kompetisi Statistika Ria dan Festival Sains Data). Kegiatan ini digelar secara daring melalui zoom, pada Kamis (25/5/2023) silam.

Baca juga : Tingkatkan Kompetensi Dosen, Prodi Humas Universitas BSI Sukses Gelar Webinar Share and Sharing Program Kampus Merdeka

Dipandu oleh Slamet Heri Winarno, pembicara yang dihadirkan ialah Sofyan Marwansyah yang merupakan koordinator Satria Data UBSI 2023.  Ia menjelaskan Satria Data merupakan program yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional dibawah Kemendikbudristek yang bertujuan untuk memberikan dukungaan pada perkembangan keilmuan statistika dan sains data.

“Acara ini menjadi ajang bergengsi bagi mahasiswa dari perguruan tinggi di Indonesia untuk berkompetisi dan menunjukkan kemampuan mereka dalam bidang statistika dan sains data pada era digital ini. Selain itu, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan keahlian sebagai data scientist agar siap memasuki dunia kerja,” jelas Slamet dalam keterangan tertulis, Rabu (7/6/2023).

Ia menambahkan, Satria Data periode ini, lomba yang akan digelar diantaranya National Statistics Competition (NSC), Statistics Essay Competition (SEC), Statistics Infografic Competition (SIC) dan Big Data Challenge (BDC).

Data Scientist Universitas BSI Gelar Sosialisasi Satria Data 2023

“Partisipasi mahasiswa dalam Satria Data 2023 memberikan kesempatan bagi mahasiswa Universitas BSI untuk mengembangkan kemampuan, berkompetisi dengan mahasiswa dari universitas lain, serta memperluas jaringan profesional di bidang statistika dan sains data,” imbuhnya.

Sementara itu, Rachmat Adi Purnama selaku Kaprodi Teknologi Komputer Universitas BSI mengungkapkan bahwa melewati era revolusi industry 4.0 yang ditandai dengan perkembangan pesat teknologi informasi dimanfaatkan menghubungkan berbagai entitas yang saling terintegrasi  satu dengan lainnya serta menjadi suatu big data yang akan mampu memberikan saluran rantai pasok infomasi.

“Maka berpijak hal tersebut pula Pemerintah memiliki perhatian penuh terhadap big data science, melalui kegiatan Satria Data ini diharapkan mahasiswa dapat ikut berpartisipasi dan mengasah agar dapat mengukur sebatas mana mahasiswa bisa mengikuti perkembangan dunia insdutri yang dibutuhkan mahasiswa saat ke dunia kerja nanti,” ungkapnya.

Baca juga : Universitas BSI Kampus Purwokerto Gelar Uji Kompetensi Skema Network Administrator Muda dan Mikrotik MTCNA

Ia menambahkan, impelemantasi data berbasis Matamatika, statistika dan programing menjadi acuan penting pengolahan data dan semoga apa yang menjadi tujuan dari kegiatan Satria Data ini memberikan kontribusi dan manfaat besar bagi upaya pengembangan pengolahan data. (LAG)

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.