Kejahatan Phishing Mengancam Keamanan Data Pribadi di Era Digital

0 353

Jakarta, BSINews – Phishing, istilah yang masih asing bagi sebagian orang, merujuk pada tindak kejahatan yang bertujuan mencuri data pribadi seseorang tanpa sepengetahuannya.

Proses phishing seringkali dilakukan dengan cara memperdaya korban melalui email, tautan (link), situs web, atau bahkan media sosial yang tampak seperti yang asli, sulit dibedakan antara yang resmi dan yang palsu.

Baca juga: Maraknya Kejahatan Phishing melalui Aplikasi Whatsapp: Waspadai Modus Penipuan

Kejahatan phishing dapat menimpa siapa saja dan prosesnya berlangsung dengan sangat cepat. Keteledoran dalam memperhatikan data pribadi yang dimiliki atau ketidaktelitian dalam membaca pesan yang diterima serta mengklik tautan tanpa sengaja, membuat proses phishing berlangsung tanpa disadari oleh korban.

Ancaman phishing semakin marak seiring dengan perkembangan dunia digital. Semua aktivitas kita tidak terlepas dari penggunaan teknologi digital, dan hal ini dimanfaatkan oleh pelaku kejahatan untuk melancarkan aksinya.

Meskipun masyarakat mulai memahami fenomena ini, banyak perguruan tinggi yang membuka program studi terkait dunia digital, seperti Teknologi Informasi dan Sistem Informasi, untuk menghadapi tantangan ini.

Baca juga: Pentingnya Menjaga Keamanan Internet

Dalam era digital ini, penting bagi semua untuk meningkatkan kesadaran akan kejahatan phishing dan melindungi data pribadi. Penggunaan teknologi informasi harus dilakukan dengan hati-hati, serta perlindungan keamanan yang kuat perlu diterapkan untuk melawan ancaman phishing.(ACH)

Penulis: Ricki Sastra, Dosen sekaligus Kepala Kampus Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) kampus Kramat 98

Leave A Reply

Your email address will not be published.