Marak Penipuan Online, Dosen Universitas BSI Berikan Edukasi Kepada Jama’ah Masjid Nurul Hidayah Pontianak

0 101

BSINews, Pontianak –  Dalam menghadapi maraknya kasus penipuan online yang merugikan masyarakat, Dosen Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) turut ambil bagian dalam memberikan edukasi kepada masyarakat dengan melaksanakan pengabdian kepada masyarakat di Masjid Nurul Hidayah Kelurahan Siantan Hilir Kecamatan Pontianak Utara, Minggu (2/7).

Baca Juga : Dosen Universitas BSI Gelar Sosialisasi Website E-Commerce di UMKM RasaDewa Indonesia Depok

Kegiatan yang melibatkan tiga dosen yaitu Yoki Firmansyah, Nila Hardi dan Eko Yulianto serta dua orang mahasiswa lainnya yaitu Caroline dan Abdillah.

Yoki Firmansyah, selaku narasumber mengatakan bahwa edukasi ini didasari  dengan banyaknya penipuan online telah menjadi ancaman serius bagi masyarakat modern, oleh karena itu Ia bermaksud mengadakan kegiatan edukasi tersebut dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran dan pengetahuan masyarakat mengenai taktik penipuan online yang uumum terjadi di masyarakat terutama untuk jama’ah Masjid Nurul Hidayah.

“Kami memberikan edukasi terkait skema penipuan online yang sering digunakan oleh para penipu. Selain itu kami juga menjelaskan taktik penipuan seperti phishing, penipuan melalui media sosial, penipuan investasi palsu, dan lain sebagainya,” ujar Yongki dalam keterangan tertulis, Kamis, (13/7).

Ia juga memberikan berbagai tips praktis kepada para peserta mengenai cara mengenali dan menghindari penipuan online.

“Beberapa tips yang disampaikan meliputi memeriksa keaslian situs web dan sertifikasi keamanannya sebelum melakukan transaksi online, serta dapat berhati-hati dalam memberikan informasi pribadi kepada pihak yang tidak dikenal, menghindari mengklik tautan yang mencurigakan melalui email atau pesan instan, memperbarui perangkat lunak keamanan dan dapat menjaga keamanan kata sandi,” lanjut Yongki.

Sementara itu, Yuda Firlana yang merupakan salah satu peserta kegiatan ini mengapresiasi inisiatif dari Universitas BSI dalam memberikan Edukasi tentang penipuan online, dimana Yuda menganggap sesi ini sangat bermanfaat dan memperluas pemahaman para jamaah masjid yang dominan orang tua, tentunya membutuhkan edukasi tentang ancaman yang dihadapi dalam dunia digital.

“Saya selaku Jamaah masjid nurul Hidayah mengapresiasi kegiatan ini, bahwa materi yang diberikan sangat bermanfaat untuk masyarakat karena dapat memperluas pemahaman para Jamaah masjid yang dominan orang tua terntunya membutuhkan edukasi tentang ancaman yang dihadapi didunia digital” ungkap Yuda.

Baca Juga : Dosen Praktisi Membagikan Pengalaman Praktis Tentang Manajemen Keuangan Kepada Mahasiswa Universitas BSI Kampus Solo

Kemudian, Yoki Firmansyah selaku narasumber juga mengatakan bahwa Universitas BSI Melalui Program Pengabdian Kepada Masyarakat berkomitmen untuk terus berperan aktif dalam memberikan edukasi dan kesadaran masyarakat tentang penipuan online dan masalah keamanan digital lainnya. Dengan kerjasama antara perguruan tinggi dan masyarakat, diharapkan dapat menciptakan lingkungan online yang lebih aman dan terlindungi.

“Universitas BSI berkomitmen untuk terus berperan aktif dalam memberikan edukasi dan kesadaran masyarakat tentang penipuan online dan masalah keamanan digital lainnya, untuk itu melalui program pengabdian masyarakat kali ini kami sampaikan materi ini sebagai bentuk peran aktif Universitas BSI, dengan adanya Kerjasama antara masyarakat dan Universitas BSI diharapkan dapat menciptakan lingkungan online yang lebih aman dan terlindungi” Ungkap Yoki

Leave A Reply

Your email address will not be published.