Manajemen Pajak Universitas BSI Kembali Adakan Sertifikasi Kompetensi Bagi Mahasiswa

0 42

Jakarta, BSINews – Program Studi Manajemen Pajak Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) kembali melaksanakan sertifikasi kompetensi bagi mahasiswa semester 6. Acara ini berlangsung di kampus Universitas BSI Dewi Sartika.

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan sertifikasi kompetensi kepada mahasiswa dalam bidang Pajak Penghasilan Orang Pribadi dan Perpajakan PPH Badan Sektor Usaha Jasa dan Perdagangan sebagai bukti kemampuan mereka di dalam ranah perpajakan.

Baca juga: Sertifikasi Kompetensi Zahir Accounting Guna Menciptakan Mahasiswa/i yang Handal Dalam Penguasaan Software Aplikasi Akuntansi

Program sertifikasi kompetensi ini diberikan dengan dukungan dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) dan berkolaborasi dengan Lembaga Sertifikasi Profesi BSI (LSP BSI), entitas yang bertanggung jawab atas pelaksanaan sertifikasi kompetensi di bawah naungan BNSP.

Eka Dyah Setyaningsih selaku Ketua Program Studi Manajemen Pajak Universitas BSI, mengatakan bahwa kegiatan sertifikasi kompetensi ini merupakan bentuk evaluasi mendalam terhadap sikap, pengetahuan, dan keterampilan mahasiswa di dalam bidang Teknisi Pajak Penghasilan Orang Pribadi dan Teknisi Perpajakan PPH Badan Sektor Usaha Jasa dan Perdagangan. Metode penilaian mencakup observasi langsung, pertanyaan tertulis, dan sesi tanya jawab lisan.

“Pada skema Teknisi Pajak Penghasilan Orang Pribadi, terdapat 16 unit uji kompetensi yang mencakup berbagai aspek, mulai dari menyiapkan Pendaftaran Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) hingga mengajukan pengungkapan kesalahan dalam Surat Pemberitahuan (SPT)/SPTPD,” tuturnya.

Ia menjelaskan, sedangkan pada skema Teknisi Perpajakan PPH Badan Sektor Usaha Jasa dan Perdagangan, terdapat 29 unit uji kompetensi, melibatkan langkah-langkah dari menyiapkan Pendaftaran Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) hingga mengajukan keberatan.

“Semoga melalui sertifikasi uji kompetensi ini, mahasiswa akan memperoleh standar kompetensi yang diakui oleh industri dan pengusaha di bidang perpajakan. Ini diharapkan dapat meningkatkan peluang mereka dalam dunia kerja serta meningkatkan kredibilitas profesional,” pungkasnya.

Baca juga: Sosialisasi Pembekalan Uji Sertifikasi Kompetensi Teknisi Pajak Penghasilan Orang Pribadi dan Teknisi Perpajakan PPh

Lebih lanjut, Eka menyatakan komitmen Prodi Manajemen Pajak Universitas BSI dalam membentuk lulusan yang unggul di bidang perpajakan dan mempersiapkan mereka untuk menjadi para profesional di industri ini.

“Sertifikasi kompetensi dianggap sebagai tonggak penting dalam perjalanan akademis mahasiswa dan diharapkan akan memberikan kontribusi signifikan pada kesuksesan mereka di dalam dunia perpajakan,” tandasnya.(ACH)

Leave A Reply

Your email address will not be published.