Universitas BSI Sukses Gelar Webinar tentang Pelaporan Keuangan dan Proyeksi Keuangan

0 11

Pontianak, BSINews – Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) sukses menggelar webinar bertajuk ‘Pelaporan Keuangan dan Proyeksi Keuangan’ pada Jumat (8/9). Acara ini diadakan secara daring melalui platform Zoom.

Webinar ini sendiri dimulai dengan pemaparan tentang Inkubator Bisnis Universitas BSI oleh Fuad Nur Hasan, yang juga menjabat sebagai Ketua Incubator Center Universitas BSI, dan dilanjutkan dengan pemateri utama.

Baca juga: Dosen Universitas BSI Kampus Pontianak Beri Pelatihan Kelola Keuangan UMKM Lewat Aplikasi SIAPIK

Acara ini menarik perhatian dengan menghadirkan Alwa Rerizia, seorang womenpreneur sukses yang juga berperan sebagai mentor berpengalaman di bidang bisnis. Alwa Rerizia merupakan CEO dari Kibarnesia. Webinar ini diikuti oleh puluhan peserta yang terdiri dari mitra UMKM, mahasiswa, alumni Universitas BSI, peserta dari berbagai kampus lain, dan masyarakat umum.

Dalam pemaparannya, Alwa menjelaskan betapa pentingnya menyusun laporan keuangan, terutama bagi UMKM. Ia mencatat bahwa sebagian besar UMKM masih belum memiliki catatan keuangan yang terstruktur, sehingga seringkali tidak mengetahui detail modal, pendapatan, biaya operasional, dan keuntungan yang diperoleh.

Selama webinar ini, ada beberapa poin penting dibahas, salah satunya adalah pentingnya menyusun laporan keuangan secara berkala, termasuk laporan harian, mingguan, bulanan, hingga perhitungan harga pokok produksi (HPP), biaya operasional, biaya pemasaran, dan biaya SDM.

Alwa juga menekankan bahwa keberhasilan suatu bisnis dapat dilihat dari perputaran keuangannya. “Dengan membuat laporan keuangan yang terperinci, bisnis dapat mengevaluasi kesehatan keuangan mereka dan merencanakan perbaikan ke depannya,” tuturnya.

Lebih lanjut, poin penting lainnya yaitu fokus pada sumber pendapatan (revenue stream). Bisnis perlu berfokus pada aspek-aspek seperti strategi bisnis, omset, profitabilitas, serta daya tarik bagi investor. Revenue stream dapat berasal dari penjualan produk, pembayaran jasa, biaya pendaftaran, komisi penjualan, bonus dari pemasok, dan penjualan aset.

Baca juga: Dosen Praktisi Membagikan Pengalaman Praktis Tentang Manajemen Keuangan Kepada Mahasiswa Universitas BSI Kampus Solo

Sementara itu, Nurmalasari, Koordinator BSI Career Center (BCC) Universitas BSI kampus Pontianak mengatakan, Webinar ini memberikan wawasan berharga tentang pentingnya pelaporan keuangan yang baik dalam menjalankan bisnis, khususnya untuk UMKM.

“Universitas BSI terus berkomitmen mendukung perkembangan wirausaha dan kewirausahaan di kalangan mahasiswa dan masyarakat umum melalui inisiatif seperti ini,” tandasnya.(ACH)

Leave A Reply

Your email address will not be published.