Dosen Universitas BSI Membuat Pelatihan Pembukuan Dan Pencatatan Akuntansi Berbasis MS. Excel

0 129

BSINews, Jakarta Dosen Fakultas Teknik dan Informatika (FTI) Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) sukses menggelar Pengabdian Masyarakat (PM) yang merupakan salah satu tanggung jawab dari Tri Dharma Perguruan Tinggi terhadap masyarakat, digelar secara langsung berlokasi di Tanjung Barat, Jakarta Selatan, Kamis (7/9).

Baca Juga: Pelatihan Aplikasi Zahir Accounting untuk Pembukuan Keuangan

Kegiatan yang bertajuk Pelatihan Pembukuan Dan Pencatatan Akuntansi Manual pada para Guru di Yayasan Taman Quraniyah, Tanjung Barat, Jakarta Selatan. Beranggotakan Syahrial Addin, dan Sri Harjunawati, Yahdi Kusnadi, dan Wina Widiati serta dua mahasiswa lainnya yakni Dafa Qurratu ‘Aini dan Muhammad Daud Rafi.

Sri Harjunawati, selaku dosen Universitas BSI dan tutor pada Pengabdian Masyarakat menjelaskan langkah membuat pembukuan dan pencatatan manual dengan menggunakan Ms.Excel.

“Laporan keuangan terdiri dari neraca dan suatu perhitungan laba-rugi serta laporan mengenai perubahan ekuitas. Neraca tersebut menunjukkan atau menggambarkan jumlah suatu aset, kewajiban dan juga mengenai ekuitas dari suatu perusahaan pada tanggal tertentu,”tutur Sri, dalam keterangan rilis, Kamis (7/9).

Sementara itu, kegiatan pengabdian masyarakat ini mendapat sambutan baik dari para Guru Yayasan Quraniyah, Tanjung Barat, Jakarta Selatan dengan acara yang diadakan. Terlihat dari peserta yang aktif bertanya pada saat sesi tanya jawab.

Salah satu peserta, Merlina mengungkapkan bahwa, kegiatan ini sangat bermanfaat khususnya untuk para Guru Yayasan Taman Quraniyah, Tanjung Barat kota Jakarta Selatan.

Baca Juga: Pemanfaatan Aplikasi Pembukuan Keuangan (Bukukas) Untuk Menunjang Tata Kelola Keuangan UMKM

“Kegiatan workshop ini sangat bagus dan bermanfaat bagi kami. Dengan praktik peserta dalam workshop yang disampaikan dengan melibatkan semua peserta,”ungkap Merlina.(RDX)

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.