Dosen Universitas BSI Beri Pelatihan Desain Brosur dan Pamflet Menggunakan Canva

0 122

Bogor, BSINews–Dosen Universitas BSI beri pelatihan desain brosur dan pamflet menggunakan canva. Pemanfaatan teknologi informasi telah terbukti menjadi faktor penting dalam meningkatkan kinerja usaha kecil dan menengah (UMKM) serta memberikan nilai tambah yang signifikan.

Untuk UMKM, pemasaran merupakan hal yang sangat krusial dalam mencapai kesuksesan. Brosur dan pamflet menjadi alat pemasaran yang penting untuk memperkenalkan produk atau layanan, membangun brand-awareness, menghasilkan prospek dan penjualan, serta membangun hubungan dengan pelanggan. Namun, banyak UMKM menghadapi kesulitan dalam menciptakan konten efektif dan desain yang menarik untuk brosur dan pamflet mereka.

Pelatihan ini diikuti oleh 20 peserta yang terdiri dari berbagai macam latar belakang pekerjaan, termasuk para pengusaha UMKM di bawah naungan Koperasi Wanita Atsiri Citayam.

Baca juga: Dosen Universitas BSI Berikan Pelatihan Edukasi Internet Sehat

Dosen Universitas BSI Beri Pelatihan

Dosen Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) sebagai pemberi pelatihan yakni dari Dosen-dosen Prodi Teknologi Komputer antara lain Aswar Hanif, Yayan Hendrian, Markus Lilik Martanto, Syamsul Bakhri dan dibantu beberapa mahasiswa. Kegiatan berlangsung pada 23 September 2023, di Jalan Sedap Malam Raya No. 45 RT 01 RW 12 Perumahan Atsiri Permai, Desa Ragajaya, Kecamatan Bojonggede, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Aswar Hanif sebagai Koordinator Tim Tutor mengatakan kami sangat senang dapat berkontribusi untuk meningkatkan efektivitas UMKM melalui pelatihan ini.

“Kami yakin bahwa dengan pengetahuan dan keterampilan yang diberikan oleh dosen Universitas BSI kepada anggota Koperasi Wanita Atsiri Citayam,  dapat memaksimalkan teknologi informasi dalam mendukung usaha mereka,” terangnya dalam keterangan rilis yang diterima, Senin (25/9).

Ia menjelaskan bahwa Canva, sebagai platform desain grafis online gratis yang mudah digunakan, menjadi solusi yang tepat untuk mengatasi permasalahan ini. Namun, pengetahuan tentang penggunaan Canva serta pemilihan alat teknologi informasi yang sesuai masih terbatas di kalangan penggiat UMKM.

“Canva untuk membuat brosur dan pamflet agar terlihat profesional, bahkan tanpa pengalaman desain sebelumnya,” katanya.

Baca juga: Dosen Universitas BSI Berikan Pelatihan Penyusunan Laporan Keuangan UMKM Menggunakan Aplikasi SIAPIK

Pada pelatihan ini, diajarkan tentang bagaimana membuka aplikasi Canva di Laptop, memilih desain brosur yang sesuai, memilih jenis huruf dan gambar serta melakukan editing sesuai tujuan pemasaran.

“Tujuan utama dari pelatihan ini adalah agar para peserta dapat mencapai strategi konten yang efektif dan menghasilkan desain yang baik untuk mendukung kegiatan usaha mereka dengan menggunakan sarana yang tersedia,” terangnya.

Kami berharap bahwa inisiatif dosen Universitas BSI akan membantu UMKM untuk lebih kompetitif dan berkelanjutan dalam lingkungan bisnis yang semakin kompetitif serta lebih memahami pentingnya teknologi informasi dalam usaha mereka dan bagaimana Canva dapat menjadi alat yang efektif dalam mencapai tujuan pemasaran. (UMF)

Leave A Reply

Your email address will not be published.