BEM Universitas BSI Kampus Karawang Ikuti Sosialisasi Pengawasan Partisipatif untuk Pemilu 2024

0 19

Karawang, BSINews – Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) kampus Karawang aktif mengikuti Sosialisasi Pengawasan Partisipatif bagi Organisasi Kepemudaan (OKP). Acara ini diselenggarakan pada Rabu, 18 Oktober 2023 di Front One Akshaya Hotel, Karawang.

Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) sebagai lembaga penyelenggara pemilu hadir dalam kegiatan ini dengan tujuan meningkatkan kinerja pengawasan menjelang Pemilu Tahun 2024. Sosialisasi ini juga bertujuan untuk menegakkan integritas, mewujudkan pemilu yang demokratis, dan memastikan terselenggaranya pemilu secara langsung.

Baca juga: BEM Universitas BSI Kampus Tasikmalaya Gelar Pekan Olahraga Antar Mahasiswa

Narasumber utama yakni Ketua/Anggota Bawaslu Provinsi Jawa Barat yang menyampaikan gambaran umum mengenai pengawasan partisipatif masyarakat dalam pemilu serentak tahun 2024.

Yosep Yusdiana, seorang Pegiat Pemilu Jabar, juga memberikan perspektifnya tentang peran pemuda dalam pengawasan partisipatif pada Pemilu 2024. Dalam penyampaian, Yosep mengungkapkan, bahwa pemilu tanpa pengawasan dapat berujung pada manipulasi suara, kehilangan hak pilih, politik uang, dan bahkan konflik antar pendukung calon.

Sementara itu, Kepala Kampus Universitas BSI kampus Karawang, Hasan Basri, mengatakan bahwa kegiatan ini menjadi langkah nyata BEM Universitas BSI kampus Karawang dalam mempersiapkan mahasiswa untuk terlibat aktif dalam pengawasan partisipatif pemilu.

Baca juga: BEM Universitas BSI Kampus Purwokerto: Menginspirasi dan Memberdayakan Melalui Kunjungan Sekolah

“Dengan pengetahuan yang diperoleh dari sosialisasi ini, diharapkan mahasiswa dapat menjadi agen perubahan yang berperan dalam menjaga integritas dan demokrasi dalam setiap tahapan pemilihan umum,” harap Hasan.(ACH)

Leave A Reply

Your email address will not be published.