Dosen Universitas BSI Beri Pelatihan Bahasa Inggris dengan Flash Cards di Rumah Belajar Mifasol Depok

0 74

Depok, BSINews–Dosen Kampus Digital Kreatif Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) menyelenggarakan kegiatan pengabdian masyarakat di Rumah Belajar Mifasol, Depok, Jawa Barat, secara luring pada Sabtu, 28 Oktober 2023.

Tema yang diangkat dalam kegiatan Pengabdian Masyarakat yaitu Pelatihan Peningkatan Kosakata Bahasa Inggris Dengan Metode Flash Cards Games. Kegiatan ini dilakukan kelompok dosen dari Program Studi Sastra Inggris Universitas BSI yang terdiri dari Dr Fitriyah, Sayyid Khairunas, Octa Pratama Putra, dan Danang Dwi Harmoko. Tidak hanya dosen, pada Pengabdian Masyarakat edisi Semester Ganjil 2023-2024 ini juga menghadirkan 2 mahasiswa/i Program Studi Sastra Inggris UBSI yaitu Talica Azzahra Kusnandar, dan Syahdilla Azzahra Virgianti.

Baca juga: Pelatihan Internet dan Media Sosial Sebagai Sarana Informasi Kegiatan Untuk Pengurus dan Anggota Dewan Kesejahteraan Masjid Al Manaar

Dosen Kampus Digital Kreatif Beri Pelatihan

Dr Fitriyah, selaku Ketua Pelaksana kegiatan menyatakan tujuan kegiatan pengabdian masyarakat ini untuk melatih adik-adik dari Rumah Belajar Mifasol yang rata-rata masih duduk di bangku sekolah dasar untuk bisa menambah kosakata Bahasa Inggris dengan metode yang menyenangkan yaitu Flash Cards.

“Kami berharap dengan pelatihan ini, adik-adik dari Rumah Belajar Mifasol dapat menyukai Bahasa Inggris terlebih dahulu, karena ini adalah pondasi awal. Ketika ketertarikan itu sudah ada maka belajar apa pun akan lebih mudah karena tidak ada beban,” ungkap Dr Fitriyah.

Sementara itu, Danang Dwi Harmoko yang biasa disapa Mas Danz, dosen Universitas BSI sekaligus yang menjadi tutor pada kegiatan ini menjelaskan bahwa bermain game juga bisa meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris. Termasuk memperkaya penguasaan kosakata.

“Bermain Flash Cards adalah salah satu metode yang efektif untuk memperkaya kosakata dalam bahasa Inggris, atau bahasa apa pun. Ini adalah pendekatan belajar yang interaktif dan menyenangkan, yang dapat membantu adik-adik mengingat kata-kata dan frasa dengan lebih baik”, jelasnya sebelum mempraktekkan bagaimana cara menggunakan Flash Cards.

Lebih lanjut, Mas Danz menyampaikan meskipun bermain flash cards sangat berguna untuk memperkaya kosakata bahasa Inggris, membaca buku-buku atau teks berbahasa Inggris, mendengarkan lagu berbahasa Inggris, atau pun menonton film-film berbahasa Inggris juga bisa dilakukan.

“Yang paling penting adalah konsistensi dan kesabaran dalam belajar bahasa Inggris. Itu ya adik-adik,” tambahnya.

Baca juga: Dosen Universitas BSI Berikan Pelatihan Remaja Karang Taruna Tegal Parang Belajar Pemograman Berbasis Website

Walaupun acara berlangsung selama 2 jam, peserta tetap terlihat bersemangat dan antusias dalam mengikuti arahan tutor. Setelah menerima materi dari dosen Universitas BSI, peserta diajak untuk bermain game dan berkesempatan mendapatkan doorprize. Mereka tampak tertarik dan banyak yang aktif mengajukan pertanyaan.

“Kami melihat anak-anak mempunyai semangat baru dalam belajar bahasa Inggris, karena mereka bisa belajar banyak hal yang menyenangkan,” ucap Siska selaku koordinator Rumah Belajar Mifasol.

Ia dan tim berharap kegiatan ini dapat memberikan manfaat bagi anak-anak yang akan menjadi generasi penerus bangsa yang ada di Rumah Belajar Mifasol kelak.

“Semoga apa yang telah diberikan oleh Bapak dan Ibu dari kampus Universitas BSI dapat bermanfaat bagi kami Rumah Belajar Mifasol,” tutupnya. (UMF)

Leave A Reply

Your email address will not be published.