Mendorong Mahasiswa Jadi Wirausaha Muda Universitas BSI Sukabumi Gelar Seminar Entrepreneur

0 75

BSINews,Sukabumi-Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) Kampus Sukabumi, bekerjasama dengan BSI Entrepreneur Center (BEC) dan Incubator Center, sukses menggelar Seminar Wajib Entrepreneur dengan tema “Entrepreneurship For a Better Future” yang berlangsung di Aula Universitas BSI Sukabumi, pada Rabu, 1 November 2023.

Baca Juga: Universitas BSI kampus Karawang Sukses Gelar Seminar Entrepreneur

Seminar ini dihadiri oleh mahasiswa semester satu Program Studi Sistem Informasi dan Ilmu Komputer Universitas BSI Kampus Sukabumi yang tengah mendapatkan mata kuliah wajib entrepreneurship.

Erika Mutiara selaku koordinator BEC Universitas BSI kampus Sukabumi mengatakan tujuan diadakannya seminar ini, untuk mengubah mindset para mahasiswa agar tidak hanya mencari pekerjaan, melainkan berpikir untuk menjadi seorang wirausaha.

“Tujuan diadakannya seminar wajib entrepreneur ini untuk mengubah mindset para mahasiswa agar tidak hanya mencari pekerjaan, melainkan berpikir untuk menjadi seorang wirausaha bahkan sebelum wisuda dan bisa membuka lapangan pekerjaan untuk banyak orang”, ungkap Erika dalam keterangan tertulis pada Rabu, (15/11/23).

Sementara itu, Fauzie Hikmatussalam Sutrisna selaku narasumber sekaligus alumni sukses dari Universitas BSI Kampus Sukabumi, kini memiliki tiga perusahaan yakni PT Tarusbawa Pusaka Negara, PT Golden Nabati Utama Perkasa, dan PT Pilar Ksatria Tidar Nusantara.

Fauzie membagikan pengalaman perjalanannya dalam dunia kewirausahaan, berbagai rintangan yang pernah dia hadapi, dan menjelaskan strategi yang telah berhasil diterapkannya untuk mencapai kesuksesan dalam berwirausaha.

“Sebelum memulai usaha, kita harus memiliki pengetahuan dan keterampiilan dasar mengenai wirausaha yang akan kita jalankan, selain itu semangat dan kerja keras juga sangat penting untuk mengembangkan bisnis kita,”  ujar Fauzie.

Menurut Fauzie dalam dunia usaha, risiko adalah bagian tidak terpisahkan. Dalam upaya memajukan bisnis, pengusaha harus memiliki keberanian untuk menghadapi dan mengelola risiko yang ada, karena setiap usaha atau bisnis memiliki potensi resiko yang perlu dihadapi dengan bijak.

Baca Juga: Universitas BSI Segera Hadirkan Seminar Entrepreneur untuk Tumbuhkan Jiwa Wirausaha

“Seorang wirausaha selalu dihadapkan dengan aktivitas pengambilan keputusan, dimana keputusan yang diambil tidak lepas dari kemungkinan adanya risiko yang timbul. Oleh karenanya keberanian dalam mengambil risiko menjadi salah satu karakteristik wirausaha yang penting bagi kesuksesan dan kelangsungan hidup usaha.  Hal ini menjadi sumber motivasi bagi mahasiswa adalah untuk terus mengejar impian, dengan tekad dan ketekunan yang tinggi,” tutupnya.(RDX)

Leave A Reply

Your email address will not be published.