Ayo Kenal Istilah Cumlaude, Magna Cumlaude dan Summa Cumlaude

0 11,398

Jakarta, BSINews — Kampus Digital Kreatif, Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) akan mengadakan prosesi upacara wisuda ke -58. Wisuda akan dilaksanakan di BSI Convention Center, Universitas BSI kampus Kaliabang mulai tanggal 3 hingga 7 Desember 2023. Pagelaran wisuda akan dimeriahkan oleh artis-artis terkenal seperti, Salsa Bintan, The Rain, Aldi Taher, D’Bagindas dan Rizal Today.

Baca juga : Penampilan Jikustik Sukses Hibur Wisudawan BSI

Momen wisuda selalu diwarnai dengan kehadiran wisudawan terbaik yang berhasil mengenakan selempang bertuliskan Cumlaude. Banyak orang mengira bahwa meraih Indeks Kumulatif Predikat (IPK) 4.00 akan meraih predikat cumlaude, padahal cumlaude sendiri terbagi lagi menjadi beberapa jenis.

Suharyanto selaku Wakil Rektor II Bidang Non Akademik Universitas BSI mengungkapkan bahwa Cumlaude merupakan Bahasa latin yang artinya ‘dengan pujian’. Cumlaude digunakan untuk memberikan penghargaan akademik pada mahasiswa yang memiliki IPK mulai dari 3,5 hingga 3,79.

Cumlaude, Magna Cumlaude dan Summa Cumlaude

“Sedangkan Magna Cumlaude yang berarti ‘kehormatan besar’ diberikan pada wisudawan yang berhasil meraih IPK 3,7 hingga 3,9. Selain cumlaude dan magna cumlaude, ada pula jenis summa cumlaude dengan arti ‘kehormatan tertinggi’. Predikat ini ditujukan untuk wisudawan/wati yang berhasil mendapatkan IPK sempurna yakni 3,9 hingga 4.00,” jelas Suharyanto.

Menurutnya, untuk bisa meraih predikat tersebut mahasiswa harus berusaha keras agar perjuangan selama berkuliah tidak sia-sia dengan cara selalu hadir selama perkuliahan, aktif dikelas, rajin belajar, aktif dalam berorganisasi, memiliki prestasi baik di bidang akademik maupun non akademik, dan lain-lain.

Baca juga : Raih IPK 4.00, Ismail Hasan Basri Dinobatkan Menjadi Wisudawan Terbaik

“Menjadi lulusan terbaik pada upacara wisuda akan memberikan manfaat seperti mendapatkan beasiswa untuk melanjutkan pendidikan, hadiah dari Universitas, dan tentunya meningkatkan peluang kerja. Dalam prosesi wisuda ke-58 yang akan datang, Universitas BSI juga akan memberikan hadiah bagi peraih predikat wisudawan terbaik,” tutupnya. (LAG)

Leave A Reply

Your email address will not be published.