Universitas BSI Ajak Mahasiswa Jadi Profesional Programmer Golang

0 47

Jakarta, BSINews — Program studi (prodi) Ilmu Komputer dan Teknologi Komputer Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) bekerja sama dengan PT Enigma Cipta Humanika sukses menyelenggarakan kegiatan seminar bertajuk ‘Profesional Programmer with Golang’. Bertempat di Aula Rektorat Universitas BSI, kegiatan ini digelar pada Sabtu (25/11/2023).

Baca juga : HIMAIK Universitas BSI Sukses Adakan Webinar Teknologi AI 2023

Rachmat Adi Purnama selaku Kaprodi Ilmu Komputer dan Teknologi Komputer Universitas BSI dalam sambutannya mengungkapkan tujuan seminar ini menjembatani antara pengetahuan teoritis dan tuntutan industri.

“Selain itu juga memberikan mahasiswa kesempatan unik untuk belajar dari ahli industri, berjejaring dengan profesional, serta memahami lebih dalam aspek praktis pemrograman dengan Golang,” ungkap Rachmat.

Hadir sebagai narasumber, Tiara Agisti selaku instruktur senior PT Enigma Cipta Humanika menjelaskan bahwa Go atau dikenal dengan Golang, Go Language merupakan bahasa pemrograman open source yang dikembangkan oleh Google.

Mahasiswa Jadi Profesional Programmer Golang

“Pada awalnya, Google menggunakan C++ untuk back-end mereka karena efisien dan berperforma tinggi. Namun C++ dinilai sebagai bahasa pemrograman yang relatif sulit sehingga memperlambat proses pengembangan aplikasi,” jelas Tiar.

Ia menambahkan, Go dikenal karena dukungannya terhadap konkurensi, yaitu kemampuan untuk menjalankan beberapa tugas secara bersamaan. Konkurensi diimplementasikan dalam Go melalui penggunaan Goroutine dan Channel, yang memungkinkan menulis kode yang dapat menjalankan beberapa operasi secara simultan.

“Adapun fitur yang ditawarkan oleh Golang, antara lain Simplicity yang dirancang agar mudah dipelajari dan digunakan. Fast Compile Times yang memiliki kompiler cepat untuk memudahkan iterasi selama pengembangan dan Cross Platform Support sehingga Golang dapat dikompilasi untuk berjalan sistem operasi apa saja,” imbuhnya.

Baca juga : Himasa Universitas BSI Gelar Workshop Understand Web Development with Laravel

Golang bisa diterapkan dalam implementasi Web Development, Cloud Service, Networking hingga Microservice. Banyak perusahaan dan proyek terkemuka yang telah mengadopsi Golang dalam pengembangan web nya, seperti SoundCloud, Netflix, Google. Selain itu, Kubernetes dan Docker menjadi tulang punggung infrastruktur cloud yang ditulis dengan Golang. (LAG)

Leave A Reply

Your email address will not be published.