FTI Universitas BSI Sukses Gelar Seminar Karier Untuk Mahasiswa

0 12

Jakarta, BSINews–Kolaborasi Program Studi (Prodi) Sistem Informasi dan prodi Sistem Informasi Akuntasi Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) sukses menyelenggarakan kegiatan seminar karier, pada Selasa (12/12). Acara ini bertempat di BSI Kampus Cengkareng yang dihadiri oleh mahasiswa semester tiga program sarjana.

Seminar karier ini bertema “Strategi Persiapan diri dan Aksi untuk Meraih Pekerjaan” menghadirkan M Sapto Priyo Nugroho sebagai narasumber, seorang Manager Dept Talent Acquisition PT Pegadaian. Kegiatan seminar ini dipandu oleh Sifa Fauziah, salah satu dosen Universitas BSI.

Baca juga: Universitas BSI Kampus Karawang Berhasil Adakan Seminar Karier Secara Hybrid

Seminar Karier Untuk Mahasiswa

Dengan tempat yang sangat nyaman, dimana peserta dapat melihat semua suasana depan stage sehingga maoderator dan narasumber terlihat dengan jelas. Peserta mengikuti kegiatan seminar karier ini hampir mencapai 165 peserta.

M Sapto Priyo Nugroho menjelaskan tentang hardskill dan softskill yang penting bagi seorang calon pekerja. Ia menyampaikan bahwa banyak lowongan pekerja yang akan tergantikan oleh era digitalisasi dan dampak dari kemajuan AI yang sangat pesat saat ini dan di masa depan.

“Di era digitalisasi ada juga jenis pekerjaan baru yang akan muncul. Jenis pekerjaan baru ini semuanya terkait dengan IT,” terangnya.

Baca juga: Siapkan Karier Mahasiswa, Universitas BSI Kampus Sukabumi Adakan Seminar Karier

Sapto menyebutkan ada 4 hal penting yang harus dipahami mahasiswa untuk mendapatkan peluang karier yaitu Recruitment Process, CV Choacing Clinic, Interview Preparation, Grooming.

“Ada point-point Interview Preparation yaitu persiapkan CV Portfolio dan dokumen lain yang dapat menonjolkan kemampuan, gali informasi tentang posisi dan perusahaan yang dituju, datang tepat waktu, berpenampilan rapi dan bersikap sopan, body language, siapkan pertanyaan yang ingin diketahui seputar posisi/pekerjaan yang ingin dilamar,” jelasnya.

Dengan persiapan ini, imbuhnya, seeker atau pencari kerja akan terlihat lebih siap dan menyakin perusahaan, tentu diimbangi dengna skill yang bagus. (UMF)

Leave A Reply

Your email address will not be published.