Dosen Universitas BSI Adakan Pelatihan Penerapan Metode Visual Learner dalam Pembelajaran Bahasa Inggris untuk Anak Usia Dini

0 33

BSINews, Tangerang – Memenuhi kewajiban dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi, para dosen Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) menggelar kegiatan Pengabdian Masyarakat (PM) bertajuk “Penerapan Metode Visual Learner Guna Pembelajaran Bahasa Inggris dan Meningkatkan Kemampuan Berkomunikasi pada Anak.” Kegiatan ini dilaksanakan secara offline pada Sabtu, 21 Desember 2023.

Herry, selaku ketua pelaksana PM, dibantu oleh Edward Enrieco sebagai tutor, serta Zidan Asvi Afrizal dan Shanty Khaerunisa sebagai anggota, menyelenggarakan kegiatan pengabdian ini khusus untuk peserta didik TK Langgeng Garjita Cipanas Cianjur.

Baca juga: Universitas BSI Dorong UMKM Pabrik Tempe Welas Depok Go Online dengan Pelatihan Digital Marketing

Dalam kegiatan tersebut, Edward Enrieco, sebagai tutor, memberikan penjelasan dan panduan kosakata bahasa Inggris dengan menerapkan metode visual learning kepada peserta didik TK Langgeng Garjita Cipanas Cianjur. Dengan menampilkan video gambar-gambar beserta penjelasan dalam bahasa Inggris, tutor mengajak peserta untuk menghapal nama-nama objek dalam bahasa Inggris.

Tidak hanya itu, tutor kemudian memberikan penjelasan untuk merangkai nama-nama tersebut menjadi kalimat sederhana, mengajak peserta membuat nyanyian dari kalimat tersebut, semuanya menggunakan bahasa Inggris. Pendekatan ini bertujuan agar peserta dapat lebih mudah mengingat dan memahami materi pembelajaran.

Herry, ketua pelaksana PM, menjelaskan pentingnya melibatkan anak-anak dalam kegiatan berbahasa Inggris sejak usia dini. Meskipun mereka masih berada di tingkat TK, pembiasaan positif seperti ini diharapkan dapat memberikan dampak positif dalam perkembangan bahasa Inggris anak-anak.

Rina Kaniawati Permata selaku Kepala Sekolah TK Langgeng Garjita, mengapresiasi kegiatan ini sebagai langkah positif untuk meningkatkan pengetahuan anak-anak sejak dini dalam berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris. Ia berharap, setelah mengikuti kegiatan ini, anak-anak akan memiliki kemampuan berbahasa Inggris yang lebih baik untuk masa depannya.

Baca juga: Universitas BSI Dorong UMKM Pabrik Tempe Welas Depok Go Online dengan Pelatihan Digital Marketing

“Dengan adanya kegiatan pengabdian masyarakat dari para dosen Universitas BSI ini, kami mendapatkan manfaat dan ilmu seputar pembelajaran bahasa Inggris yang sangat bermanfaat untuk peningkatan kemampuan berkomunikasi anak-anak. Semoga ilmu yang didapat dapat membawa dampak positif bagi perkembangan mereka,” tutup Rina Kaniawati Permata.(ACH)

Leave A Reply

Your email address will not be published.