Puteri Indonesia Jambi 2023 Hadir sebagai Mahasiswa Inspiratif di PKKMB Universitas BSI

0 32

BSINews, Bekasi – Sindy Novela, Puteri Indonesia Jambi 2023 sekaligus mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) kampus Dewisartika, turut menjadi bagian inspiratif dalam acara Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) melalui kegiatan Ormik (Orientasi Akademik) dan Semot (Seminar Motivasi) yang diadakan di Hall C BSI Convention Center (BSI Convex), Kaliabang, Bekasi pada Sabtu (9/3).

Dalam sesi yang mengangkat tema peran generasi muda dalam kemajuan pariwisata dan lingkungan, Sindy berbagi materi tentang konsep Ekowisata sebagai upaya pengembangan pariwisata yang berkelanjutan dan berdampak positif bagi lingkungan dan masyarakat.

Baca juga: Sambut Mahasiswa Baru, Universitas BSI kampus Tasikmalaya Sukses Gelar ORMIK dalam Rangkaian PKKMB

“Saya sangat senang bisa berbagi tentang pentingnya Ekowisata sebagai alternatif pembangunan pariwisata yang berkelanjutan dan ramah lingkungan. Ekowisata tidak hanya memberikan manfaat bagi lingkungan, tetapi juga membangkitkan potensi ekonomi dan budaya masyarakat,” ujar Sindy Novela.

Dalam paparannya, Sindy menjelaskan bahwa konsep Ekowisata melibatkan partisipasi aktif masyarakat dalam membangun, mengelola, dan memanfaatkan sumber daya alam secara berkelanjutan. Hal ini tidak hanya mencakup pengalaman wisata alam, tetapi juga edukasi lingkungan yang disampaikan kepada wisatawan.

Lebih lanjut, Sindy menyoroti tiga prinsip utama dalam Ekowisata, yakni prinsip konservasi, partisipasi, dan ekonomi. Prinsip konservasi menekankan pentingnya pelestarian lingkungan dan budaya lokal, sementara prinsip partisipasi mengedepankan keterlibatan masyarakat secara optimal. Sedangkan prinsip ekonomi bertujuan untuk menciptakan kesejahteraan masyarakat melalui pembangunan pariwisata yang berkelanjutan.

Baca juga: PKKMB Universitas BSI Sambut Mahasiswa Baru Dengan Seminar Tematik

“Melalui Ekowisata, kita dapat mengubah alam yang rusak menjadi kembali pulih dan produktif. Saya berharap para mahasiswa dapat menjadi agen perubahan dalam mendukung pembangunan pariwisata yang ramah lingkungan dan berkelanjutan,” tambahnya.

Kehadiran Sindy Novela sebagai Puteri Indonesia Jambi 2023 dan mahasiswa aktif Universitas BSI menjadi inspirasi bagi mahasiswa baru untuk turut berperan dalam pembangunan pariwisata yang berkelanjutan demi masa depan yang lebih baik.(ACH)

Leave A Reply

Your email address will not be published.