Dosen Universitas BSI Pontianak Gagas Pelatihan Pemanfaatan AI untuk Dunia Pendidikan

0 26

BSINews, Pontianak – Teknologi Artificial Intelligence (AI) telah menjadi tonggak baru dalam era teknologi saat ini, memberikan kemudahan dalam berbagai aspek kehidupan manusia.

Merespons hal ini, dosen Program Studi Teknik Informatika Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) kampus Pontianak, yang terdiri dari Muhammad Fahmi Juliaanto, Muhammad Iqbal, Destiana Putri, dan Ulmi Khultsum, menggelar pelatihan pemanfaatan AI sebagai bentuk pengabdian masyarakat mereka.

Baca juga: Dosen Universitas BSI kampus Margonda Gencarkan Edukasi AI di Masyarakat

Bertemakan ‘Penerapan Kecerdasan Buatan (AI) dalam Dunia Pendidikan Sebagai Media Pembelajaran’, kegiatan ini diadakan di Gg. Matraman Jl. Danau Sentarum No.A 1, Sungai Bangkong, Kec. Pontianak Kota, Kota Pontianak, Kalimantan Barat, pada Rabu (3/4) lalu.

Muhammad Iqbal, sebagai narasumber, menyampaikan beragam pengetahuan terkait AI, mulai dari definisi, penerapan dalam berbagai bidang, hingga penggunaan tools AI di pendidikan.

Iqbal menyoroti peran AI sebagai asisten virtual pintar dalam membantu siswa memahami informasi dan menjawab pertanyaan. Selain itu, ia juga mengulas tools AI seperti Google Translate dan Chatbot, serta penggunaan Canva untuk pembelajaran interaktif.

“Pelatihan ini merupakan bagian dari pengabdian masyarakat dan diharapkan memberikan manfaat bagi siswa Pondok Asuhan dan Pendidikan Yatim Piatu Dhuafa Al-Adabiy dalam perkembangan pendidikan,” tegas Ketua pelaksana kelompok Pengabdian Masyarakat Universitas BSI kampus Pontianak, Muhammad Fahmi Julianto.

Salah satu peserta, Robi Antoro, menyambut baik kegiatan ini dan mengakui manfaatnya dalam mendukung kegiatan pendidikan. Ia mengungkapkan bahwa meskipun telah menggunakan beberapa tools AI seperti Google Translate, namun belum menyadari kategorinya sebagai AI.

Baca juga: Berbagi Ilmu AI, Universitas BSI Kampus Pontianak Gelar Workshop di Panti Asuhan Al-Adabiy

“Dengan diperkenalkannya tools AI lain seperti Google Asisten, ChatGPT, dan Canva, saya berencana untuk memanfaatkannya dalam kegiatan pendidikan di masa yang akan datang,” ujarnya.

Antoro juga mengapresiasi dosen Prodi Teknik Informatika Universitas BSI kampus Pontianak atas penyelenggaraan kegiatan ini dan berharap adanya konsistensi dalam mengadakan pelatihan sejenis mengingat perkembangan teknologi yang cepat.(ACH)

Leave A Reply

Your email address will not be published.