Membangun Kesadaran Toleransi Budaya dan Agama Serta Perlunya Menjaga Lingkungan

0 122

BSINews, Tangerang – Sekumpulan mahasiswa Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) kampus BSD telah sukses menyelesaikan kegiatan bakti sosial yang berlangsung di Vihara Dhamma Metta, Kabupaten Tangerang, Banten pada Minggu, (21/4).

Bakti sosial yang merupakan salah satu syarat untuk memenuhi tugas akhir pada mata kuliah Pendidikan Kewarganegaraan dengan dosen pengampu Isa Wijayanti ini dipimpin oleh Valencya dan anggotanya Okky Kharisma, Olivia Purama J, dan Viera Pramestya M.

Baca juga: Mahasiswa Universitas BSI Kampus Kalimalang Ajarkan Pentingnya Toleransi

Menurut Valencya, kegiatan Bakti sosial ini merupakan bentuk kepedulian terhadap sesama juga sebagai sarana berbagi dan bertukar ilmu. Tujuan kegiatan bakti sosial ini untuk meningkatkan interaksi antar budaya dan agama, dengan menghargai perbedaan-perbedaan dan belajar untuk bekerja sama meskipun kita berbeda.

“Salah satu cara, kita dapat mengembangkan hubungan yang bermakna dan menjaga keselamatan dan kebahagiaan bersama,” ujar Valencya.

Valencya menjelaskan, dalam menghadapi dinamika masyarakat yang semakin kompleks, penting untuk memperkuat nilai-nilai toleransi dan kepedulian terhadap lingkungan.

“Sebagai bagian dari upaya tersebut, kami dari mahasiswa Universitas BSI mengadakan serangkaian kegiatan yang bertujuan untuk membangun kesadaran akan toleransi terhadap perbedaan budaya dan agama, sambil menekankan pentingnya menjaga lingkungan,” tuturnya.

Sementara itu, Okky memaparkan, bahwa kegiatan ini menyoroti nilai-nilai toleransi sebagai pondasi utama dalam membangun harmoni dan kerukunan antarindividu maupun antarberbagai kelompok masyarakat.

“Melalui pemahaman yang lebih mendalam tentang keberagaman budaya dan agama, diharapkan masyarakat dapat saling menghormati dan memahami perbedaan satu sama lain,” pungkas Okky.

Lanjutnya, bakti sosial ini diawali dengan kegiatan yang biasa mereka lakukan setiap harinya, yakni membaca Paritta, bernyanyi Vihara Gita, serta mengajak mereka melakukan kegiatan kreativitas lainnya.

“Kehadiran kami di sini untuk mengedukasi adik-adik Vihara Dhamma Metta untuk menjaga kebersihan lingkungan dengan melakukan kegiatan gotong royong membersihkan Vihara,” katanya.

Baca juga: Mahasiswa Universitas BSI Kampus Sukabumi Siap Bersaing dengan Menggelar Pelatihan Metode Scrum

Disisi lain, Stevani Agatha selaku Ketua Sekolah Minggu di Vihara Dhamma Metta menjelaskan bahwa bakti sosial serta gotong royong yang diadakan oleh sekelompok mahasiswa Universitas BSI kampus BSD memberikan manfaat signifikan bagi anak-anak sekolah minggu di Vihara.

“Semoga kesempatan yang diberikan kakak-kakak mahasiswa ini bisa membawa angin segar bagi sekolah minggu Vihara juga wadah belajar,” tandasnya.(ACH)

Leave A Reply

Your email address will not be published.