Dosen Universitas BSI Kenalkan Pemanfaatan AI Pada Pengurus RPTRA Pola Idaman Pondok Labu

0 11

Jakarta, BSINews—Dosen Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) memperkenalkan teknologi Artificial Intelligence (AI) pada pengurus RPTRA (Ruang Publik Terpadu Ramah Anak) Pola Idaman kelurahan Pondok Labu, Jakarta Selatan. Kegiatan ini sebagai wujud tri dharma perguruan tinggi dosen dan mahasiswa Universitas BSI di setiap semester, dalam bentuk pengabdian masyarakat.

Pengabdian masyarakat ini berlangsung sukses dan mendapat sambutan yang cukup antusias dari seluruh pengurus RPTRA Pola Idaman, dengan kehadiran yang tepat waktu pada Sabtu 4 Mei 2024 pukul 09.00 WIB di RPTRA Pola Idaman Jl H Kamang Bawah RT.02/10 Pondok Labu, Cilandak, Jakarta Selatan. Dosen Universitas BSI yang melaksanakan kegiatan pengabdian ini yakni Mahmud Safudin selaku ketua pelaksana kegiatan, Umi Faddillah selaku tutor dan Ahmad Setiadi, Achmad Sumbaryadi selaku tim tutor. Selain itu, kegiatan ini juga didukung oleh mahasiswa yakni Muhammad Rifqi Fadhlurrohman dan Muhammad Ainurridho.

Baca juga: Dosen Universitas BSI Pontianak Gagas Pelatihan Pemanfaatan AI untuk Dunia Pendidikan

Pemanfaatan AI Pada Pengurus RPTRA Pola Idaman Pondok Labu

Mahmud Safudin selaku ketua pelaksana kegiatan dan merupakan dosen Universitas BSI mengatakan semakin pesatnya perkembangan teknologi saat ini, semakin memudahkan manusia dalam berkegiatan sehari-hari. Salah satu teknologi yang signifikan dapat membantu hingga memudahkan manusia adalah teknologi Artificial Intelligence (AI).

“AI merupakan suatu bidang keilmuan yang membuat komputer menirukan kebiasaan manusia, dapat diartikan pula sebagai bagian dari ilmu komputer yang yang berfokus pada mesin dengan kemampuan kecerdasan yang dapat berinteraksi dan atau bekerja seperti manusia. Lewat pengabdian masyarakat ini, kami dosen Universitas BSI memberikan pelatihan tentang pemanfaatan teknologi AI,” terang Mahmud dalam rilis yang diterima, Senin (6/5).

Sementara itu, Umi Faddillah selaku tutor menjelaskan bahwa kecerdasan buatan telah menjadi salah satu bidang paling menjanjikan dalam ilmu komputer.

“Dengan kemampuannya untuk meningkatkan efisiensi, mengubah cara kita bekerja, dan mengatasi masalah kompleks, AI memiliki potensi besar untuk membentuk masa depan yang lebih cerah,” kata Umi.

Baca juga: Sukses Besar! Seminar Pemuda Digital Universitas BSI Kampus Tasikmalaya Gelorakan Pemanfaatan AI dalam Dunia Pendidikan

Pada kesempatan ini, koordinator RPTRA Pola Idaman, Santy menyampaikan pengetahuan dasar teknologi AI ini diperlukan bagi pengurus RPTRA Pola Idaman Kelurahan Pondok Labu.

“Dengan sosialisasi dan pelatihan ini kami memahami konsep dasar di balik teknologi AI dan mengerti bagaimana AI bekerja dan bagaimana AI dapat diterapkan dalam berbagai konteks. Terimakasih dosen Universitas BSI yang telah memberikan banyak pengetahuan dan wawasan pada kami,” tutup Santy. (UMF)

Leave A Reply

Your email address will not be published.