Dosen Universitas BSI Berikan Edukasi Santri Anti Hoax di Era Digital pada Panti Pelayanan Sosial Anak Suka Mulyo Kota Tegal

0 20

BSINews, Jakarta-Dosen Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) memberikan Edukasi pada Panti Pelayanan Sosial Anak Suka Mulyo Kota Tegal dengan tema “Anti Hoax di Era Digital” bagi para santri. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang pentingnya kehati-hatian dalam menyikapi informasi di media sosial dan internet. Kegiatan ini diselenggarakan di Panti Pelayanan Sosial Anak Suka Mulyo Kota Tegal pada hari Sabtu (4/5/2024).

Baca Juga: Dosen Universitas BSI Adakan Penyuluhan E- Service Bagi Pelayanan Publik Pada RPTRA Pola Idaman Pondok Labu

sebagai bagian dari upaya UBSI untuk memberikan kontribusi positif kepada masyarakat, dan dihadiri oleh puluhan santri dan para pengurus panti, yang antusias mengikuti kegiatan yang diadakan di aula utama panti tersebut.

Tim pengabdian kepada masyarakat Universitas BSI Kampus Tegal yang di ketuai oleh Ratna Kurnia Sari, Husni Faqih sebagai tutor, Cucu Ika Agustyaningrum serta dibantu oleh oleh beberapa mahasiswa Universitas BSI Kampus Tegal.

Ratna Kurnia menyampaikan Di era digital seperti sekarang ini, kita perlu waspada terhadap penyebaran informasi palsu atau hoax melalui edukasi ini.

“Kami sangat senang dapat menyelenggarakan kegiatan ini untuk para santri di Panti Pelayanan Sosial Anak Suka Mulyo. Di era digital seperti sekarang ini, kita perlu waspada terhadap penyebaran informasi palsu atau hoax. Melalui edukasi ini, kami berharap para santri dapat memahami cara untuk mengidentifikasi dan menghindari hoax di media sosial,” ujar Ratna.

Sementara itu, Husni Faqih selaku tutor memberikan penjelasan pada era digital ini, kita sering kali dihadapkan pada informasi yang tidak terverifikasi, yang bisa berdampak negatif jika kita percaya begitu saja. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk memahami cara memeriksa kebenaran informasi sebelum menyebarkannya lebih jauh.

“Kami memberikan tips-tips praktis kepada para santri untuk dapat menjadi konsumen informasi yang cerdas dan bertanggung jawab. Para santri diajak untuk berpartisipasi aktif dalam diskusi dan tanya jawab untuk mendapatkan pemahaman yang lebih dalam mengenai isu-isu terkini di media sosial serta bagaimana cara menghadapinya dengan bijak,” jelas Husni.

Baca Juga: Dosen Universitas BSI Koordinasi dengan Mitra Bank Sampah 3G untuk Pengelolaan Limbah Berbasis IPTEK

Selain itu, Cucu Ika selaku anggota tim pengabdian masyarakat mengucapkan terima kasih kepada semua yang telah hadir dan berpartisipasi dalam kegiatan edukasi ini.

“Semoga ilmu yang telah diberikan dapat bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari para santri. Mari bersama-sama menjadi agen perubahan yang cerdas dan bertanggung jawab dalam menyebarkan informasi di era digital ini,” tutupnya.(RDX)

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.