Dosen Universitas BSI Berikan Pelatihan Pemasaran Digital Melalui Media Sosial Bagi Kelompok Wanita Tani Sumur Mangga

0 12

BSINews, Jakarta-Dalam era digital yang terus berkembang, pemasaran digital telah menjadi kunci bagi pelaku usaha untuk bertahan dan berkembang. Mengakui pentingnya hal ini, dosen Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) melaksanakan kegiatan pengabdiab masayarakat dengan mitra Kelompok Wanita Tani Sumur Mangga.

Baca Juga: Dosen Universitas BSI Berikan Inovasi Pertanian Modern dengan Aplikasi Sayurbox

Kegiatan pengabdian ini berlokasi di  Jl Sumur Mangga 1 RT RW 001, Gaga, Kec. Larangan, Kota Tangerang, Banten 15154, Tangerang, 13 Mei 2024.

Ketua Kelompok Wanita Tani Sumur Mangga sekaligus Ketua RW  Opik Baharudin mengatakan tantangan kelompok tani meliputi minimnya pengetahuan tentang konsep dasar pemasaran digital, keterbatasan dalam memanfaatkan media sosial untuk promosi, serta kurangnya kemampuan dalam membuat konten yang menarik dan interaktif.

”Pemasaran digital, sebagai strategi yang menggunakan media digital, memiliki keunggulan tersendiri seperti target marketing yang jelas, kemampuan berinteraksi tinggi, dan potensi penjualan yang besar. Salah satu platform utama untuk pemasaran digital adalah media sosial, yang cukup efektif dan mudah digunakan. Berdasarkan Laporan Digital 2024 oleh Hootsuite (We Are Social), penggunaan media sosial di Indonesia mencapai 60,4% dari jumlah populasi, menunjukkan potensi besar untuk mempromosikan produk atau jasa,” jelas Opik.

“Kegiatan ini sangat bermanfaat karena peserta diberi pemahaman tentang konsep dasar pemasaran digital dan pentingnya media sosial sebagai sarana pemasaran. Selain itu peserta juga dipandu dalam membuat akun dan konten pemasaran di platform seperti Facebook dan Instagram,” tambah Opik.

Novalia selaku dosen yang terlibat dalam pengabdian tersebut mengatakan melalui pelatihan ini, diharapkan Kelompok Wanita Tani Sumur Mangga dapat meningkatkan pemahaman dan keterampilan mereka dalam pemasaran digital, sehingga mampu memanfaatkan media sosial secara efektif untuk mempromosikan produk hasil panen mereka.

Baca Juga: Dosen Universitas BSI Berikan Pemanfaatan Power Point Sebagai Media Presentasi Pada Remaja Pondok Tahfidz Qur’an Nurul Islam Bekasi

“Kegiatan ini juga menjadi langkah strategis dalam mendukung keberlangsungan dan perkembangan Kelompok Wanita Tani Sumur Mangga ke depannya,”tutupnya.(RDX)

 

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.