Dosen Universitas BSI Kampus Pontianak Adakan Program Literasi Digital di Kampung Baca Tanjung Saleh

0 15

BSINews, Pontianak – Dalam rangka meningkatkan literasi digital masyarakat, Dosen Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) Kampus Pontianak menyelenggarakan kegiatan pengabdian masyarakat berupa bimbingan literasi digital untuk meningkatkan kecakapan pengguna memanfaatkan media digital pada Komunitas Kampung Baca Tansal.

Acara ini dilaksanakan di Kampung Baca Tanjung Saleh, yang berlokasi di Jalan Raya Sungai Kakap, Kubu Raya, Kalimantan Barat, pada hari Selasa, dengan dihadiri oleh 27 peserta yang sangat antusias, pada Sabtu (18/5).

Baca juga: Dosen Universitas BSI Berikan Workshop Penerapan Artificial Intelligence (AI) Pada Karang Taruna Rw 05 Tegal Parang Jakarta Selatan

Acara dibuka dengan sambutan hangat dari Badar, ketua Rumah Baca Tansal. Ia menyampaikan apresiasinya terhadap inisiatif Universitas BSI dan berharap bahwa program ini akan memberikan manfaat besar bagi masyarakat setempat.

Badar menekankan bahwa literasi digital sangat penting untuk mendukung kegiatan belajar mengajar di Rumah Baca Tansal dan meningkatkan keterampilan warga dalam menggunakan teknologi. Ia juga mengharapkan kerja sama ini dapat berkelanjutan dan memberikan dampak positif yang berkelanjutan bagi komunitas.

Raja Sabaruddin selaku ketua pengabdian masyarakat dari Universitas BSI, dalam sambutannya menggarisbawahi pentingnya literasi digital di era modern ini, di mana teknologi telah menjadi bagian integral dari kehidupan sehari-hari.

Menurutnya, kemampuan untuk menggunakan media digital secara efektif adalah kunci untuk memberdayakan diri dan komunitas, serta membuka peluang baru di berbagai bidang. Sambutan ini mendapat tanggapan positif dari para peserta, menunjukkan kesiapan mereka untuk menerima pengetahuan dan keterampilan baru.

Materi utama kegiatan disampaikan oleh Surniya, mahasiswa Universitas BSI, yang memberikan presentasi informatif mengenai berbagai aspek literasi digital. Surniya menjelaskan dasar-dasar penggunaan internet, pemanfaatan media sosial dengan bijak, hingga bagaimana teknologi digital dapat meningkatkan produktivitas dan kreativitas.

“Dengan literasi digital yang baik, masyarakat dapat mengakses berbagai informasi dan sumber daya yang dapat meningkatkan kualitas hidup mereka. Selain itu, literasi digital juga membuka peluang untuk bekerja secara online, memulai usaha digital, dan berpartisipasi dalam ekonomi global,” tuturnya.

Baca juga: Dosen Universitas BSI Berikan Pelatihan Pembuatan Game Edukatif untuk Anak TK dan PAUD sebagai Media Pembelajaran

Pada akhir kegiatan, Raja Sabaruddin memberikan motivasi kepada peserta untuk terus belajar dan mengembangkan keterampilan literasi digital mereka. Ia mengingatkan bahwa literasi digital adalah proses berkelanjutan yang harus terus diasah agar selalu relevan dengan perkembangan teknologi yang cepat.

“Diharapkan, kegiatan ini menjadi awal dari serangkaian program literasi digital yang akan terus dilaksanakan oleh Universitas BSI di berbagai komunitas. Kolaborasi antara Universitas BSI dan komunitas lokal seperti Kampung Baca Tansal menunjukkan bahwa sinergi antara pendidikan tinggi dan masyarakat dapat membawa perubahan positif yang signifikan,” tandasnya.(ACH)

Leave A Reply

Your email address will not be published.