Video Editing in CapCut: Beginner to Pro Tingkatkan Keterampilan dalam Pengeditan

0 19

BSINews, Jakarta – Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) bekerja sama dengan P4 (Pusat Pelatihan dan Pengembangan Pendidikan) Jakarta Barat telah sukses menyelenggarakan workshop BSI Digination bertajuk ‘Video Editing in CapCut: Beginner to Pro’. Workshop yang diadakan di P4 Jakarta Barat, Jumat (31/5) ini menghadirkan narasumber Syaifur Rahmatullah, seorang dosen dan praktisi video editing dari Universitas BSI.

Workshop diawali dengan menekankan pentingnya penguasaan teknologi kreatif dalam dunia pendidikan dan industri. Syaifur kemudian memulai sesi dengan memperkenalkan dasar-dasar aplikasi CapCut, yang dikenal sebagai alat pengeditan video yang intuitif dan ramah pengguna.

Baca juga: Kolaborasi Universitas BSI dan P4 Jakarta Dalam BSI Digination Bahas Keterampilan Dasar dan Strategi Branding

Pada sesi awal, Syaifur menjelaskan antarmuka CapCut, memperlihatkan bagaimana mengimpor video, memotong klip, menambahkan teks, dan menggunakan fitur dasar lainnya. Para peserta diajak untuk mengerti bagaimana memulai sebuah proyek editing dari nol, memastikan mereka memahami setiap fungsi dasar sebelum melangkah ke teknik yang lebih kompleks.

Setelah peserta familiar dengan dasar-dasar CapCut, workshop berlanjut ke tahap yang lebih lanjutan. Syaifur mendemonstrasikan cara menggunakan berbagai efek visual, transisi, dan filter untuk memperkaya video. Ia juga membahas teknik penyesuaian audio, sinkronisasi suara, dan penambahan musik latar yang efektif untuk meningkatkan kualitas video.

Syaifur berbagi sejumlah tips dan trik yang sering digunakan oleh editor profesional untuk mempercepat proses editing dan menghasilkan video yang lebih menarik. Peserta diajak memahami bagaimana mengatur tempo video, memilih transisi yang tepat, dan menambahkan elemen grafis yang menarik. Ia juga menunjukkan cara memanfaatkan fitur advanced seperti keyframe untuk animasi dan efek yang lebih dinamis.

“Peserta diberikan waktu untuk mempraktikkan langsung ilmu yang telah mereka dapatkan. Dengan menggunakan materi video yang telah disediakan, mereka mulai mengedit, menambahkan efek, dan menyusun proyek video mereka sendiri,” ujarnya.

Baca juga: P4 Jakarta Barat dan Universitas BSI Asah Keterampilan Multimedia Lewat Workshop BSI Digination

Syaifur bersama tim pendamping memberikan bantuan dan menjawab pertanyaan selama sesi praktik, memastikan setiap peserta dapat mengikuti dan memahami setiap langkah.

Universitas BSI dan P4 berharap kegiatan ini dapat terus berlanjut dan menjadi agenda rutin untuk mendukung pengembangan keterampilan kreatif masyarakat, terutama di bidang video editing yang semakin penting di era digital ini,” tandansya.(ACH)

Leave A Reply

Your email address will not be published.