Dosen Universitas BSI Berikan Pelatihan Mail Merge Kader Kelurahan Gudang Bogor

0 17

BSINews, Bogor-Dalam rangka meningkatkan pengabdian masyarakat, (Bina Sarana Informatika)  mengadakan pelatihan Mail Merge Kader kelurahan Gudang, Bogor. Pelatihan ini berlangsung selama satu hari, yang bertempat di Universitas BSI kampus Bogor.

Baca Juga: Dosen Universitas BSI Gelar Sosialisasi Website untuk UMKM Rumah Singkong Niknok Depok

Mail Merge merupakan teknik yang memungkinkan penggabungan data dari sumber tertentu ke dalam dokumen standar, sehingga mempermudah pembuatan surat, label, atau email yang dipersonalisasi. Teknologi ini sangat berguna untuk staf yang sering melakukan komunikasi massal dengan warga di lingkungan Kelurahan Gudang.

Pelatihan ini diikuti oleh 20 peserta yang terdiri dari berbagai latar belakang, mulai dari staf administrasi hingga manajer IT. Dengan dipandu oleh instruktur berpengalaman, Siti Masripah, peserta diajarkan langkah-langkah dasar penggunaan Microsoft Word hingga lanjutan dalam menggunakan Mail Merge.

Pelatihan difokuskan pada pengenalan dasar-dasar Mail Merge. Peserta diperkenalkan dengan konsep dan manfaat Mail Merge, serta bagaimana menyiapkan data dalam format yang sesuai. Peserta juga diajarkan cara membuat dokumen template di Microsoft Word yang dapat dikombinasikan dengan data dari Microsoft Excel.

Endang, salah satu peserta pelatihan mengatakan kegiatan pelatihan ini sangat bermanfaat terutama dalam memberikan tips dan trik untuk mengatasi berbagai kendala yang mungkin muncul selama proses Mail Merge.

“Pelatihan ini sangat bermanfaat, terutama bagi kami yang sering berurusan dengan administrasi dan surat-menyurat. Dengan Mail Merge, pekerjaan kami menjadi lebih cepat dan efisien,” ujarnya.

Sementara itu, Siti Masripah, instruktur pelatihan, menyatakan bahwa Mail Merge bukan hanya soal menghemat waktu, tetapi juga meningkatkan akurasi dan konsistensi dalam komunikasi dengan warga.

“Dengan mengotomatisasi proses penggabungan data dan dokumen, risiko kesalahan manual dapat diminimalisir. Hal ini sangat penting dalam menjaga profesionalisme dan kepercayaan dari warga,” tambahnya.

Ia juga berharap melalui pelatihan ini, para peserta dapat mengaplikasikan pengetahuan yang telah diperoleh untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi di tempat kerja masing-masing.

Baca Juga: Dosen Universitas BSI Gelar Sosialisasi Website untuk UMKM Rumah Singkong Niknok Depok

“Dengan adanya pelatihan ini, UBSI menunjukkan komitmennya dalam pelaksanaan Tri Darma Perguruan Tinggi dalam mendukung pengembangan kemampuan digital Masyarakat Indonesia, Khususnya dalam memanfaatkan teknologi untuk pelayanan kepada warga,” tegasnya.(RDX)

Leave A Reply

Your email address will not be published.