Mahasiswa Universitas BSI Dibekali Ilmu Business Analyst Dalam Kegiatan IT Bootcamp

0 26

BSINews, Bogor-Dalam membekali mahasiswa dalam Ilmu Business Analyst  kampus Digital Kreatif Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) menyelenggarakan IT Bootcamp dengan tema “Menciptakan Teknologi Tepat Guna” sukses diselenggarakan di Hotel Asyana Sentul, Bogor, pada tanggal 5 dan 6 Juni 2024. Acara ini diikuti oleh mahasiswa Program Studi Sistem Informasi dan Teknologi Informasi dari Universitas BSI.

Baca Juga: Generasi Muda Universitas BSI Kuasai Software Development dan Network Security dalam IT Bootcamp di Hotel Asyana Sentul

Hadir sebagai narasumber utama yakni Tanto Sutanto yang merupakan Kepala Divisi Operasional PT Permodalan Nasional Madani, yang memberikan wawasan mendalam tentang peran Business Analyst dalam dunia teknologi.

Dalam sesi presentasinya, Tanto Sutanto menjelaskan peran penting seorang Business Analyst dalam menghubungkan kebutuhan bisnis dengan solusi teknologi. Beliau menekankan bahwa Business Analyst adalah kunci untuk memahami kebutuhan bisnis dan mengkonversikannya menjadi solusi yang efektif dan efisien.

“Business Analyst berperan sebagai jembatan antara pemangku kepentingan bisnis dan tim pengembang teknologi. Mereka harus mampu menganalisis kebutuhan, mendefinisikan proses, dan memastikan bahwa solusi teknologi yang diimplementasikan benar-benar memenuhi kebutuhan bisnis,” ujar Tanto

Ia juga menguraikan berbagai keterampilan yang harus dimiliki oleh seorang Business Analyst. Selain kemampuan analitis yang kuat, seorang Business Analyst harus memiliki keterampilan komunikasi yang baik, pemahaman bisnis yang mendalam, serta pengetahuan teknis yang memadai.

Baca Juga: Bangun Talenta Digital, Universitas BSI Selenggarakan IT Bootcamp Software Development

“Keterampilan analitis dan pemecahan masalah adalah kunci. Namun, yang tidak kalah penting adalah kemampuan untuk berkomunikasi dengan jelas dan efektif, baik dengan tim teknis maupun dengan pemangku kepentingan bisnis. Seorang Business Analyst juga harus fleksibel dan adaptif dalam menghadapi perubahan kebutuhan bisnis dan perkembangan teknologi,” ungkapnya.(RDX)

Leave A Reply

Your email address will not be published.