Raih Juara Favorit Duta Baca Depok 2024, Mahasiswi Universitas BSI Akui Pentingnya Literasi

0 51

BSINews, Depok — Inas Zhafirah, mahasiswi program studi Ilmu Komunikasi Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) Kampus Margonda, berhasil meraih juara favorit dalam Grand Final Duta Baca Kota Depok 2024. Acara tersebut diadakan pada 8 Juni 2024 di Aula Serbaguna Lantai 10 Gedung Balai Kota Depok dengan tema “Menjelajahi Dunia Literasi untuk Mencetak Generasi yang Berinovasi”. Acara ini juga disiarkan secara live streaming melalui media sosial Youtube: Pemkot Depok dan Instagram: @DutaBaca_KotaDepok.

Inas menonjol dengan visi untuk menjadikan Depok sebagai Kota Berdaya Literasi, serta misi yang meliputi menanamkan, menguatkan, dan mengkampanyekan budaya literasi sebagai proses berinovasi dan berkreasi sepanjang hayat. Ia juga berupaya memberikan wadah serta ruang bagi masyarakat untuk lebih dekat dengan literasi.

Baca juga : Prestasi Gemilang Mahasiswa Universitas BSI Raih Medali Emas di National Earth Science Olympiad (NESO)

Lahir di Depok, Jawa Barat, Inas menjelaskan bahwa motivasinya mengikuti ajang Duta Baca adalah untuk memperbanyak kegiatan yang mampu meningkatkan nilai diri serta menebarkan manfaat yang luas, khususnya di bidang literasi yang sangat erat dengan kehidupan pribadinya.

Adapun program kerja yang diluncurkan oleh Inas antara lain:

1. NGOPI (NGObrol Perihal lIterasi)

Kegiatan ini mengulas enam literasi dasar dalam bentuk sharing session, bedah buku, dan seminar. Program ini melibatkan sinergi antara Paguyuban Baca Kota Depok, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Depok, TBM, serta komunitas-komunitas penggiat literasi. Dilaksanakan di akhir pekan agar semua elemen masyarakat Kota Depok dapat terlibat aktif, dengan tempat-tempat strategis seperti Coffee Shop, Mall, atau Gramedia.

Mahasiswi Universitas BSI Juara Favorit Duta Baca

2. POLICY (Please turn On Literacy)

Kegiatan ini bertujuan untuk sosialisasi ke sekolah-sekolah di Depok agar mengaktifkan kegiatan literasi. Ini termasuk memberikan sumbangsih ide program literasi dan memantau aktivitas literasi di sekolah-sekolah.

3. BULAN LITERASI

Kegiatan ini menjadi wadah keakraban antara masyarakat dengan literasi. Bulan Literasi juga bisa dijadikan program literasi di sekolah dengan lomba-lomba literasi seperti menulis esai, puisi, cerpen, serta lomba mading sekolah tingkat Kota Depok. Kampus dan mahasiswa juga menjadi target program ini dengan lomba-lomba literasi tingkat mahasiswa se-Kota Depok. Bulan literasi melibatkan peran Dinas Kearsipan, Perpustakaan Kota Depok, serta seluruh organisasi masyarakat di bidang literasi.

Inas berharap dapat berperan dan bersinergi dengan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Depok serta komunitas-komunitas pegiat literasi untuk meningkatkan minat baca masyarakat, khususnya di Kota Depok.

Baca juga : Mahasiswa Universitas BSI Kampus Cengkareng Raih Prestasi di Kejuaraan Pencak Silat Nasional

“Banyak hal baru yang saya temui selama mengikuti duta baca, termasuk pengalaman, teman, jejaring baru, dan pembelajaran sikap tangguh, manajemen waktu, serta manajemen emosi,” ujar Inas.

Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Diskarpus) Kota Depok, Utang Wardaya, menyampaikan ucapan selamat kepada para Duta Baca 2024. “Selamat kepada Duta Baca 2024. Semoga ide dan gagasannya dapat menginspirasi dan berkolaborasi dengan pemerintah dalam meningkatkan budaya literasi di Kota Depok,” tuturnya. (LAG)

Leave A Reply

Your email address will not be published.