Seminar Career Development “Create Your Own Path to a Brighter Future” Prodi Manajemen Universitas BSI

0 28

BSINews, Jakarta — Program Studi Manajemen Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) mengadakan Seminar Career Development dengan tema “Create Your Own Path to a Brighter Future”. Seminar ini dihadiri oleh 561 peserta yang dibagi ke dalam 2 sesi, yaitu sesi 1 pukul 10.00-12.00 dan sesi 2 pukul 14.00-16.00. Acara berlangsung secara luring di Gedung Rektorat Universitas BSI Kampus Kramat 98 dan dihadiri oleh mahasiswa program studi (Prodi) Manajemen semester 4, pada Senin (3/6/2024).

Seminar dibuka oleh sambutan dari Kaprodi Manajemen, Eka Dyah Setyaningsih. Dalam sambutannya, Eka menjelaskan, “Sejak dini mahasiswa diharapkan sudah dapat merencanakan dan mempersiapkan karir yang akan dijalani. Melalui program MBKM, bahkan mahasiswa diberikan kesempatan untuk memulai kegiatan di dunia kerja bahkan sebelum lulus kuliah. Prodi Manajemen mengadakan seminar ini untuk bisa membantu kalian membuat perencanaan karir.”

Seminar Career Development Prodi Manajemen Universitas BSI

Narasumber pada seminar ini adalah Erlinda Perdana Putri, Manajer Human Capital Development PT. Pegadaian. Erlinda menjelaskan beberapa langkah penting dalam menentukan dan mengejar karir, seperti melakukan penilaian diri, memperluas jaringan, meningkatkan keterampilan dan pengetahuan, serta keinginan untuk terus belajar dan berkembang.

“Dalam mengejar karir yang sudah kita tentukan, yang perlu kita lakukan antara lain; mencari pekerjaan tersebut, meningkatkan upaya kita di tahun pertama berkarir, membuat perencanaan tetapi bersikaplah fleksibel, dan bersiaplah untuk perubahan karier,” ujar Erlinda.

Baca juga : Rektor Universitas BSI Pimpin Kuliah Umum Personal Branding Lulusan Manajemen Informatika di Politeknik Negeri Banjarmasin

Dalam paparannya, Erlinda juga menjelaskan bahwa pengembangan karir terbagi ke dalam beberapa tahap, yaitu growth, exploration, establishment, maintenance, dan decline.

“Diharapkan kita bisa melalui seluruh tahapnya, karena tahap tersebut merupakan acuan sudah dimana seharusnya kita berada, dan segera mengejarnya ketika kita berada tidak sesuai acuan pada tahap tersebut,” jelasnya.

Erlinda menambahkan, “Dalam meniti karir, bukan menjadi suatu permasalahan ketika kita merasa harus berhenti sejenak karena alasan tertentu, namun ketika kita sudah memutuskan untuk melanjutkannya lagi, bekerjalah lebih keras agar bisa mengejar ketertinggalan.” Seminar diakhiri dengan sesi foto bersama.

Seminar Career Development ini memberikan pandangan yang luas bagi mahasiswa Prodi Manajemen Universitas BSI  tentang pentingnya perencanaan karir dan langkah-langkah untuk meraih kesuksesan dalam dunia kerja di masa depan. (LAG)

Leave A Reply

Your email address will not be published.