Universitas BSI Ajak Gen-Z Melek Investasi Melalui Seminar

0 24

BSINews, Jakarta-Program Studi Manajemen Universitas BSI (Bina Sarana Informatika)  mengadakan Seminar Gen-Z Melek Investasi dengan tema “How to Invest Your Pocket Wisely, seminar ini dihadiri oleh 112 peserta. Seminar Gen-Z Melek Investasi diadakan pada tanggal 04 Juni 2024 jam 14.00-16.00 WIB secara luring di Aula Universitas BSI Kampus Kramat 98 yang terdiri dari mahasiswa program studi manajemen semester 3.

Baca Juga: Tingkatkan Literasi dan Inklusi Keuangan, Universitas BSI Kampus Tegal Gandeng Pegadaian Gelar Seminar “Waspada Investasi dan Pinjaman”

Hadir sebagai narasumber pada seminar hari ini yakni Alibasyarah Putra Bayangkara, yang merupakan Kepala Cabang Jakarta II Mandiri Sekuritas. Ali mengatakan bahwa Indonesia baru mencapai 38% angka Financial Fitness Index. Hal ini masih jauh dari kata ideal, dan masih tertinggal dari negara tetangga Singapura yang mencapai angka 61%. Angka 38% Financial Fitness Index mengambarkan tingkatan kondisi kesehatan finansial generasi muda Indonesia dengan melihat sikap dan perilaku dalam pengelolaan finansial mereka.

Ali menambahkan bahwa 86% generasi muda terlihat “kurang sehat” secara finansial, sisanya terlihat “sehat” namun ternyata masih belum ideal. Mayoritas Masyarakat Indonesia masih mengandalakan tabungan untuk dapat mencapai tujuan finansialnya. Dari fakta-fakta yang ada, Ali menjelaskan mengenai dasar pemikiran dibalik Teori Transformasi Uang.

“Nilai uang sekarang lebih berharga daripada nilai uang di masa depan, karena adanya Opportunity Cost dan Inflasi” ujar Ali. Opportunity Cost yang dimaksud adalah bahwa uang hari ini dapat diinvestasikan dan berpotensi tumbuh menjadi jumlah yang lebih besar di masa depan, sedangkan terkait inflasi, akan selalu ada risiko terjadinya inflasi yang dapat menyebabkan terjadinya pengurangan nilai uang di masa mendatang,” jelas Ali.

Dalam paparannya Ali juga menjelaskan bagaimana menyiapkan masa depan bagi generasi muda untuk mencapai kemerdekaan finansial.

“Salah satu jalan keluar yang bisa dilakukan adalah dengan berinvestasi. “kenapa harus berinvestasi? karena penanaman modal berupa uang atau aset lain untuk memperoleh keuntungan, bisa menghadapi inflasi, bisa meningkatkan nilai aset, bisa mewujudkan target finansial, dan menjadikan uang yang kita miliki menjadi produktif” ungkap Ali.

Baca Juga: Penyuluhan Investasi Cerdas Di Paguyuban Perumahan Serpong Green Paradise

Ali menutup dengan kalimat ”jangan takut untuk berinvestasi, namun jadilah smart investor dengan 3P, Pahami-Punya-Pantau., pahami instrumen investasi beserta risikonya, punya atau miliki instrumen tersebut, dan pantau pergerakannya”.(RDX)

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.