Tak Hanya Handal Bidang Teknologi, Dosen Universitas BSI Kreatif Olah Minyak Jelantah Jadi Lilin

0 15

Bogor, BSINews–Tim Hibah Pengabdian Masyarakat Kampus Digital Kreatif Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) yang diketuai oleh Siti Masripah dengan anggota Indah Purwandani dan Ety Murhayaty beserta mahasiswa. Kelompok dosen Universitas BSI yang melaksanakan pengabdian masyarakat dan menerima hibah ini mengambil skema Pemberdayaan Berbasis Masyarakat (PBM) yang berjudul Green Economy untuk meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat dengan Pengelolaan Limbah Sampah Rumah Tangga Berbasis Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) pada Bank Sampah 3G (Go Freen Greenery).

Kelompok Hibah Pengabdian Masyarakat Pendanaan BOPTN Program Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Dosen Vokasi Tahun Anggaran 2024 dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset Dan Teknologi Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi ini, sukses mengadakan pelatihan selama dua hari untuk Pengolahan Minyak Jelantah (Mijel). Pelatihan diadakan pada Sabtu 15 Juni 2024, lalu. Dipandu oleh Kunindya, selaku penggiat kerajinan dari barang-barang bekas atau sampah-sampah yang tidak digunakan.

Baca juga: Dosen Universitas BSI Berikan Pelatihan Penataan Arsip Kantor Pada Lembaga Bantuan Hukum Hade Indonesia Raya Cibinong

Dosen Universitas BSI Kreatif Olah Minyak Jelantah Jadi Lilin

Siti Masripah, dosen Universitas BSI sebagai ketua tim menyampaikan bahwa minyak jelantah ini diolah menjadi lilin, dalam pembuatan pembuatan lilin dari minyak jelantah, membutuhkan bahan-bahan yakni minyak jelantah, stearic atau parafin.

“Dalam membuat minya jelantah menjadi lilim ini dibutuh 500 ml minyak jelantah, stearic atau parafin dengan perbandingan jika menggunakan stearic : minyak jelantah (1 : 3) jika menggunakan parafin : minyak jelantah (2:1),” kata Siti dalam rilis yang diterima, Senin (24/6).

Sementara itu, Kunindya selaku penggiat kerajinan dari barang-barang bekas yang bertindak sebagai tutor pelatihan menjelaskan cara pembuatan minyak jelantah.

Baca juga: Dosen Universitas BSI Berikan Pengenalan Chat GPT Sebagai Media Pembelajaran Mandiri

“Panaskan minyak jelantah di atas api kecil, campurkan stearic, aduk sampai stearic larut. Lalu, matikan kompor, masukan pewarna berbahan dasar lilin (dapat menggunakan crayon yang dipotong-potong kecil, masukan aromaterapi/pewangi, tuang larutan kedalam cetakan lilin yang sudah diberi sumbu. Selanjutnya, biarkan mengeras selama 4-6 jam, lilin siap digunakan,” jelasnya.

Kegiatan terlaksana sampai pembuatan lilin selesai dan hasilnya dapat dilihat oleh peserta. Semoga peserta dapat mencoba di rumah, karena sangat mudah dalam membuat lilin dari bahan minyak jelantah. Sehingga limbah-limbah minyak jelantah dapat dimanfaatkan dengan baik, dan dapat menjaga lingkungan hidup. (UMF)

Leave A Reply

Your email address will not be published.