8 Tips dan Trik Sukses Persiapan Sidang Tugas Akhir/Skripsi

0 57

BSINews, Jakarta — Mempersiapkan diri untuk ujian sidang skripsi merupakan langkah yang sangat penting dalam perjalanan akademis setiap mahasiswa. Sidang skripsi bukan hanya sekadar momen untuk mempresentasikan hasil penelitian, tetapi juga untuk mempertahankan argumen dan kesimpulan yang telah dihasilkan dengan baik selama proses penelitian.

Persiapan yang matang sebelum sidang akan membantu memastikan bahwa kamu dapat mengatasi tantangan dan pertanyaan dari para penguji dengan percaya diri dan kompeten. Berikut adalah beberapa tips dan trik yang dibagikan oleh Mahmud Safudin sebagai Dosen Universitas BSI (Bina Sarana Informatika), yang perlu dipertimbangkan sebelum menghadapi sidang skripsi.

Baca juga : Mewujudkan Mimpi Menjadi Pebisnis: Langkah Awal dengan Business Model Canvas (BMC)*

Dengan memahami dan menerapkan langkah-langkah ini, kamu akan meningkatkan peluang untuk mencapai kesuksesan dalam ujian sidang skripsimu.

1. Pemahaman Materi
Pastikan kamu menguasai isi skripsi secara mendalam. Pahami setiap bagian, termasuk latar belakang, tujuan, metode, hasil, dan kesimpulan. Persiapkan diri untuk menjelaskan dan mempertahankan setiap aspek yang ada.

2. Dokumen dan Administrasi
Bawa beberapa salinan fisik skripsi untuk penguji dan dirimu sendiri, yang telah dijilid sesuai ketentuan kampus. Siapkan dokumen pendukung seperti surat pengesahan, lembar pengesahan yang telah ditandatangani, dan dokumen administratif lain yang diperlukan.

3. Presentasi
Buat slide presentasi yang ringkas dan jelas, mencakup poin-poin utama seperti latar belakang, tujuan, metode, hasil, dan kesimpulan. Latih presentasi beberapa kali, baik sendiri maupun di depan teman atau keluarga untuk membangun rasa percaya diri dan mengatur waktu presentasi.

Tips dan Trik Sukses Persiapan Sidang

4. Persiapan Teknis
Pastikan perangkat presentasi seperti laptop berfungsi dengan baik. Bawa charger, pointer, dan alat bantu presentasi lainnya. Simpan salinan presentasi dan skripsi di beberapa tempat, seperti flash drive dan cloud storage, untuk menghindari risiko kehilangan data.

5. Penampilan dan Kesehatan
Kenakan pakaian yang rapi sesuai dengan dress code yang berlaku di kampus untuk memberikan kesan profesional. Pastikan kondisi kesehatanmu baik dengan istirahat yang cukup dan asupan makanan sehat sebelum hari sidang.

6. Mental dan Emosional
Kelola stres dengan melakukan aktivitas relaksasi seperti berolahraga ringan atau meditasi. Pertahankan sikap positif dan percaya diri. Ingat bahwa kamu telah mempersiapkan diri dengan baik untuk sidang ini.

7. Praktik Tanya Jawab
Lakukan simulasi sidang dengan teman atau dosen pembimbing untuk membiasakan diri dengan format dan gaya tanya jawab yang mungkin muncul. Latih diri untuk menjawab pertanyaan dengan tenang dan terstruktur.

Baca juga : Adaptasi Generasi Millenial, Saksi Empat Revolusi Teknologi Mengubah Dunia

8. Do’a dan Keyakinan
Tingkatkan intensitas doa agar diberikan kelancaran dalam menghadapi sidang skripsi dan meraih kesuksesan.

Dengan mempersiapkan diri secara menyeluruh sesuai dengan tips di atas, kamu akan lebih siap menghadapi ujian sidang skripsi dan meningkatkan peluang untuk meraih kesuksesan. Semoga berhasil! (LAG)

Leave A Reply

Your email address will not be published.