Hibah SISAMPAH, Revolusi Pengelolaan Sampah Ala Mahasiswa Universitas BSI

0 50

BSINews, Tasikmalaya — Pengelolaan sampah menjadi tantangan besar dalam menjaga kebersihan lingkungan di era modern ini. Mahasiswa Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) kampus Tasikmalaya telah mengambil inisiatif luar biasa dengan mengembangkan aplikasi SISAMPAH (Sistem Informasi Pengolahan Data Sampah) sebagai terobosan dalam teknologi informasi, yang dapat mengoptimalkan pengelolaan sampah secara efektif dan efisien.

Alwan selaku ketua tim menuturkan bahwa aplikasi SISAMPAH dirancang untuk mengatasi berbagai permasalahan terkait sampah, mulai dari pencatatan produksi sampah, pengumpulan, hingga pengolahan.

“Dengan memanfaatkan teknologi informasi, aplikasi ini memungkinkan pemantauan secara real-time terhadap proses pengelolaan sampah, sehingga memudahkan koordinasi dan pengambilan keputusan yang lebih tepat,” ujar Alwan dalam keterangan rilis, Selasa (25/6/2024).

Baca juga : Deteksi Penyakit Tomat dengan AI, Dosen Universitas BSI Raih Hibah Penelitian 2024

Sementara itu, Ir Dini Silvi Purnia selaku pembimbing mahasiswa mengungkapkan, aplikasi ini telah dihibahkan secara langsung kepada Kecamatan Tawang, Tasikmalaya, pada Jumat, 21 Juni 2024 lalu. Menurutnya, SISAMPAH dapat membantu pemerintah daerah dalam mengelola data sampah secara efektif dan efisien.

“Melalui sistem ini, data mengenai produksi, pengumpulan, dan pengolahan sampah dapat diakses dan dianalisis secara real-time, memungkinkan pengambilan keputusan yang lebih tepat dan strategis dalam menangani permasalahan sampah. Aplikasi ini memiliki fitur Pengelolaan Data yang Efisien. Sistem ini memungkinkan pencatatan dan pelaporan data sampah secara terstruktur dan terintegrasi,” ujar Dini.

Hibah SISAMPAH Revolusi Pengelolaan Sampah

Ia menambahkan, Pemantauan Real-Time, Informasi terkini mengenai pengumpulan dan pengolahan sampah dapat dipantau secara langsung, memudahkan koordinasi antar instansi terkait dan Transparansi dan Akuntabilitas, dengan data yang terkelola dengan baik, transparansi dalam pengelolaan sampah dapat ditingkatkan, serta akuntabilitas pemerintah daerah terhadap masyarakat dapat lebih terjamin.

Kaprodi Sistem Informasi Universitas BSI kampus Tasikmalaya, Deddy Supriadi mengaku bangga atas keberhasilan mahasiswanya dalam menciptakan aplikasi yang dapat memberikan kontribusi nyata bagi masyarakat Tasikmalaya.

Baca juga : Mahasiswa Universitas BSI Banyak Kontribusinya di Masyarakat, Buktinya Sering Ngasih Hibah Aplikasi

“Melalui hibah aplikasi SISAMPAH ini. Kami berharap aplikasi ini dapat menjadi alat yang efektif dalam pengelolaan sampah, sehingga dapat menciptakan lingkungan yang lebih bersih dan sehat bagi masyarakat Kecamatan Tawang,” ungkap Deddy.

Menanggapi hal ini, Drs Deni selaku Camat Tawang mengapresiasi hibah aplikasi SISAMPAH dari Universitas BSI kampus Tasikmalaya.

“Ini adalah langkah besar bagi kami dalam upaya meningkatkan kualitas pengelolaan sampah di wilayah kami. Dengan sistem ini, kami dapat bekerja lebih efisien dan transparan dalam menangani permasalahan sampah,” ungkapnya. (LAG)

Leave A Reply

Your email address will not be published.