Implementasi AI untuk Wujudkan Visi Misi Prodi Sistem Informasi Universitas BSI Kampus Tasikmalaya

0 39

BSINews, Tasikmalaya — Program Studi (prodi) Sistem Informasi pada Fakultas Teknik dan Informatika Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) Kampus Tasikmalaya, terus berinovasi untuk meningkatkan kualitas pendidikan dengan mengimplementasikan teknologi kecerdasan buatan (AI) kedalam kurikulum. Integrasi AI juga diterapkan dalam visi, misi, dan strategi inovatif untuk menghasilkan lulusan yang unggul di bidang sistem informasi serta berjiwa entrepreneur guna mendukung ekonomi kreatif.

Visi Program Studi Sistem Informasi adalah “Menjadi program studi unggulan dalam menghasilkan lulusan di bidang sistem informasi, berjiwa entrepreneur untuk mendukung ekonomi kreatif.” Dengan mengintegrasikan AI dalam pembelajaran, prodi Sistem Informasi, memastikan bahwa mahasiswa tidak hanya memperoleh keterampilan teknis yang relevan tetapi juga mengembangkan mentalitas kewirausahaan yang diperlukan untuk menciptakan inovasi baru dan peluang kerja.

Baca juga : Hadapi Era Artificial Intelligence, Prodi Sistem Informasi Universitas BSI Kampus Pontianak Tawarkan Berbagai Keunggulan

Misi Program Studi Sistem Informasi mencakup beberapa tujuan utama
1.  Menghasilkan lulusan kompeten di bidang sistem informasi yang siap bersaing di pasar kerja global.
2.  Mengembangkan jiwa entrepreneur  pada mahasiswa agar mampu menciptakan peluang kerja dan inovasi baru.
3.  Mendukung ekonomi kreatif  melalui kolaborasi antara akademisi, industri, dan masyarakat.
4.  Mengintegrasikan teknologi terbaru, khususnya AI, dalam kurikulum untuk memastikan mahasiswa dan dosen selalu up-to-date dengan perkembangan teknologi.

Visi Misi Prodi Sistem Informasi Universitas BSI Kampus Tasikmalaya

Untuk mencapai tujuan-tujuan ini, prodi Sistem Informasi telah mengimplementasikan beberapa strategi kunci:
a. Peningkatan Kualitas Kurikulum
Kurikulum yang dinamis dan responsif terhadap perkembangan teknologi terkini, termasuk penerapan AI dalam pembelajaran.

b. Pengembangan Kompetensi Dosen
Pelatihan berkelanjutan bagi dosen untuk menguasai teknologi AI dan metodologi pengajaran terbaru.

c. Fasilitas dan Infrastruktur
Penyediaan fasilitas laboratorium komputer dan perangkat lunak AI yang memadai untuk mendukung proses belajar mengajar.

d. Kemitraan Strategis
Kerjasama dengan industri dan institusi pendidikan lainnya untuk memperkaya pengalaman belajar mahasiswa dan memperluas jaringan profesional.

Kaprodi Sistem Informasi Universitas BSI kampus Tasikmalaya, Deddy Supriadi, menyatakan bahwa prodi Sistem Informasi berkomitmen untuk terus berinovasi dalam memberikan pendidikan berkualitas tinggi yang relevan dengan kebutuhan industri saat ini.

“Dengan mengintegrasikan teknologi AI dalam kurikulum kami, kami yakin dapat mencetak lulusan yang tidak hanya kompeten di bidang teknis, tetapi juga memiliki jiwa kewirausahaan yang siap mendukung pertumbuhan ekonomi kreatif,” ungkap Deddy.

Baca juga : Integrasi Kecerdasan Buatan, Inilah Keunggulan Prodi Sistem Informasi Akuntansi Universitas BSI Kampus Pontianak

Kehadiran teknologi AI dalam kurikulum telah menarik minat besar dari mahasiswa baru, khususnya Generasi Z, yang dikenal dengan ketertarikan mereka terhadap teknologi dan inovasi. Hal ini menjadikan Prodi Sistem Informasi sebagai salah satu program studi favorit di Universitas BSI Kampus Tasikmalaya.

“Kami mengundang seluruh calon mahasiswa, mitra industri, dan masyarakat luas untuk bergabung bersama kami dalam mewujudkan visi ini. Untuk informasi lebih lanjut, silakan kunjungi situs website kami di (https://pmbubsi.id) dan melalui playstore Aplikasi PMBUBSI atau hubungi bagian humas kami di (0265) 323075,” ajaknya. (LAG)

Leave A Reply

Your email address will not be published.