Guncang Dunia UMKM, Dosen Universitas BSI Kampus Bogor Berikan Makeover Kemasan Produk

0 17

BSINews, Bogor — Kegiatan pelatihan pembuatan kemasan produk UMKM di Universitas BSI Kampus Bogor pada Minggu (23/06) silam, telah mengguncang dunia UMKM. Dibimbing oleh tim dosen yang terdiri dari Dewi Ayu Nur Wulandari, Sunarti, dan Taat Kuspriyono, acara ini bertujuan untuk meningkatkan pemberdayaan masyarakat melalui teknologi digital.

Dewi Ayu Nur Wulandari, ketua tim hibah PKM, menegaskan pentingnya kemasan bagi UMKM di era digital ini untuk bersaing dengan produk-produk yang sejenis di pasaran.

“Kemasan tidak hanya melindungi produk yang dijual, tetapi juga berperan penting dalam upaya branding sebuah produk agar konsumen memilih produk kita di pasaran,” ujar Dewi.

Baca juga : Dosen Universitas BSI Gelar Sosialisasi Website untuk UMKM Rumah Singkong Niknok Depok

Upaya ini didukung oleh hibah Program Kemitraan Masyarakat (PKM) dari Direktorat Jendral Vokasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Ditjen Vokasi Kemdikbud) tahun pendanaan 2024. Nikmah Mahmudah, owner Rumah Singkong Niknok di Depok, menyambut baik kegiatan pelatihan kemasan yang sangat dibutuhkan olehnya agar usahanya berkembang.

“Kami sangat mengapresiasi adanya kegiatan ini karena kemasan baru ini diharapkan dapat meningkatkan daya saing produk kami di pasar dan memperkuat branding melalui peningkatan promosi,” tutur Nikmah.

Dosen Universitas BSI Kampus Bogor Guncang Dunia UMKM

Ia berharap dengan adanya kegiatan ini, ada kemasan baru untuk produknya, sehingga produk dapat bersaing di pasar dan branding menjadi meningkat dengan promosi melalui kemasan yang baru dan lebih menarik.

Sementara itu, Erna Suparno selaku pembicara pelatihan dan Owner PT. SPX Digital Indonesia yang merupakan perusahaan dengan berbagai kategori usaha, salah satunya usaha percetakan ini memberikan pelatihan tentang cara membuat kemasan dengan desain yang mudah dan praktis menggunakan aplikasi CANVA. Erna menjelaskan trik dan mekanisme dalam membuat kemasan yang menarik untuk mengemas produk yang dijual.

Erna Suparno, pembicara dari PT. SPX Digital Indonesia, memberikan pelatihan menggunakan aplikasi CANVA untuk desain kemasan yang praktis dan menarik.

Baca juga : Tak Hanya Handal Bidang Teknologi, Dosen Universitas BSI Kreatif Olah Minyak Jelantah Jadi Lilin

”Tidak hanya melindungi produk yang dijual, kemasan juga berperan penting dalam upaya branding sebuah produk agar konsumen memilih produk kita di pasaran, mempermudah dalam melakukan proses promosi, perusahaan akan mempertimbangkan kecenderungan konsumen terhadap beberapa aspek seperti warna, ukuran, serta penampilan produk,” jelas Erna.

Dengan demikian, kegiatan pelatihan ini tidak hanya memberikan manfaat langsung kepada UMKM dalam hal pengembangan produk, tetapi juga mengukuhkan komitmen Universitas BSI dalam mendukung pertumbuhan ekonomi lokal melalui pendidikan dan inovasi teknologi informasi. (LAG)

Leave A Reply

Your email address will not be published.