Orang Tua Harus Tahu! Sertifikat Kompetensi Jadi Bukti Mahasiswa Lulus dengan Bekal Keahlian

0 10

BSINews, Jakarta – Kampus Digital Kreatif Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) setiap tahunnya selalu konsisten dalam menggelar acara tahunan “Bincang Kampus Bersama Orang Tua (BKOT)”. Kali ini Universitas BSI kampus Kalimalang sukses menyelenggarakannya dengan tema “Explore Your Creativity” pada Sabtu, (29/6), di Aula Universitas BSI kampus Kalimalang.

Acara yang dikemas dengan gaya talkshow ini dihadiri oleh orang tua mahasiswa, civitas akademika, serta pihak kampus. Sebagai platform silaturahmi dan kolaborasi dalam mendukung serta memantau aktivitas akademik dan non-akademik mahasiswa, acara tersebut pun menjadi bukti komitmen Universitas BSI dalam mempererat hubungan antara kampus dan orang tua mahasiswa.

Baca juga: Universitas BSI Kampus Kalimalang Dorong Inovasi Pendidikan Melalui Workshop EduTech

Peran Orang Tua dalam perkembangan kompetensi mahasiswa

Nina Kusumawati, Ketua Program Studi D3 Penyiaran Universitas BSI, dan Mahmud Syarif, Staf Bidang Non Akademik Universitas BSI Kampus Kalimalang, menjadi narasumber utama yang turut serta dalam acara ini. Keduanya memberikan wawasan mengenai peran strategis orang tua dalam mendukung perkembangan anak-anaknya selama masa studi di perguruan tinggi.

Dalam pemaparannya Nina sangat menekankan pentingnya keterlibatan orang tua dalam pendidikan anak-anak mereka. “Dukungan dan peran aktif orang tua sangat berpengaruh terhadap konsistensi mahasiswa dalam menempuh studi serta membantu mereka menemukan dan mengembangkan kompetensi yang dimiliki,” ujar Nina dalam keterangan rilis yang diterima, Senin (8/7).

Sementara itu, Mahmud sendiri lebih menempatkan bahwa kolaborasi antara orang tua dan kampus dapat menjadi kunci untuk mencetak lulusan yang kompeten tidak hanya di bidang akademik melainkan non-akademik juga, seperti memiliki jiwa creativepreneur yang siap menghadapi tantangan dunia kerja.

“Kami berharap melalui acara ini, orang tua dapat lebih memahami bagaimana mendukung anak-anak mereka dalam mengembangkan talenta digital dan kreativitas,” katanya.

Baca juga: Mahasiswa Universitas BSI Kampus Kalimalang Ajarkan Pentingnya Toleransi

Sertifikat kompetensi jadi bekal penting mahasiswa terjun di dunia industri

Selain itu, acara ini pun dilengkapi sesi tanya jawab interaktif yang memberikan kesempatan kepada orang tua untuk berdiskusi langsung dengan narasumber. Desi yang merupakan salah satu orang tua mahasiswa, menanyakan upaya kampus dalam memastikan bahwa setiap lulusan memiliki kompetensi sesuai dengan jurusan yang mereka pilih.

Hal tersebut pun dijawab oleh kedua narasumber tersebut, bahwa setiap lulusan di Universitas BSI wajib memiliki sertifikat kompetensi sebagai surat pendamping ijazah. Pasalnya, selain ijazah hal tersebut yang akan menjadi bekal mereka saat terjun di dunia industri.

Universitas BSI pun berharap acara BKOT ini dapat terus menjadi wadah efektif untuk mempererat hubungan dan kerjasama antara kampus dan orang tua, serta mendukung keberhasilan akademik dan non-akademik mahasiswa. (DIM)

Leave A Reply

Your email address will not be published.