Kunjungan Studi Industri Mahasiswa Program Studi Administrasi Bisnis Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas BSI ke Pabrik PT International Chemical Industry (Intercallin)

0 33

Jakarta-BsiNews

 

Kamis, 1 November 2018 Kunjungan wisata industri merupakan salah satu program kegiatan wajib mahasiswa di Program Studi Administrasi Bisnis, Fakultas Ekonomi & Bisnis, Universitas Bina Sarana Informatika. Tujuan program tersebut dilaksanakan sebagai pembelajaran untuk menciptakan mahasiswa berkualitas. Diantaranya jenis kegiatan belajar diluar lingkungan kampus untuk menambah wawasan pengetahuan mahasiswa serta untuk melihat langsung situasi dan kondisi perusahaan.

 

Kerjasama dengan dunia industri harus terus dilaksanakan guna membangun sinergitas antara perusahaan industri sebagai rekanan dan kampus sebagai institusi pendidikan yang bakal menyediakan tenaga terdidik. Terkait hal tersebut, maka atas dasar program kerja pimpinan di program studi Administrasi Bisnis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Bina Sarana Informatika, pada hari Kamis, 1 November 2018 telah dilangsungkan kunjungan wisata industri mahasiswa Program Studi Administrasi Bisnis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Bina Sarana Informatika ke PT International Chemical Industry yang berlokasi di Jl Daan Mogot KM 11, Kedaung – Kali Angke, Jakarta Barat. Kegiatan tersebut diikuti oleh 90 mahasiswa Program Studi Administrasi Bisnis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis kelas 22.5A.25 dan 22.5B.25. Rombongan yang didampingi dua orang dosen yaitu Dirgahayu Erri dan Dina Purnama Sari. Rombongan berangkat dari kampus Cengkareng tepat sekitar pukul 07:00 WIB setelah dilakukan arahan dan pendataan terlebih dahulu kepada mahasiswa peserta kunjungan. Peserta rombongan berangkat menggunakan dua bus pariwisata Hiba Utama dan tiba di lokasi ruang Aula PT International Chemical Industry sekitar Pukul 08:00 WIB.

 

Rombongan disambut dengan sangat ramah oleh tiga orang pimpinan dan staf bagian kunjungan. Adapun rangkaian acaranya meliputi pembukaan (ice breaking) dari PT Intercalin yang disampaikan oleh Ibu Anastasia Sunarni selaku MC Acara, sambutan perwakilan dari Universitas BSI yang diwakili oleh Ibu Dina Purnama Sari, selayang pandang perusahaan yang disampaikan oleh Deddy Junjungan, product knowledge hingga paparan sebagai perusahaan yang telah memiliki Standar Manajemen Lingkungan ISO 14001 yang disampaikan oleh Yanto Widodo. Acara dilanjutkan dengan kunjungan ke bagian produksi yang dibagi menjadi tiga tim rombongan, setelah kembali ke ruang rapat kemudian dilakukan tanya jawab, makan siang bersama, penyerahan cenderamata dan sessie foto kedua belah pihak.

 

Antusiasme sangat tinggi ditunjukkan kedua belah pihak baik dari mahasiswa Program Studi Administrasi Bisnis ataupun PT Intercallin, acara yang dimulai tepat pukul 08:00 WIB tersebut dikemas tuan rumah dengan sangat atraktif dan menyenangkan sejak mulai dari kedatangan. Kegiatan pertama di Aula utama diisi sajian video dan dokumentasi selayang pandang profile perusahaan, distribusi, kemudian dilanjutkan pengetahuan produk. Kegiatan kunjungan dilanjutkan keliling pabrik guna melihat proses pembuatan produksi yang berteknologi tinggi dan menggunakan Standar Manajemen Lingkungan (ISO 14001), mahasiswa peserta kunjungan juga mendapat penjelasan perihal kapasistas produksi, peralatan mesin, jumlah karyawan, pengolahan limbah, pengiriman, pengemasan, dll, sampai pada kembali ke aula PT International Chemical Industry dengan agenda tanya jawab dari mahasiswa peserta. Kegiatan kunjungan ditutup dengan istirahat disertai sajian hokben sebagai makan siang dan minum lalu pemberian sambutan penutup dari kedua belah pihak, tukar menukar kenang-kenangan dan foto bersama (terlampir).   

Leave A Reply

Your email address will not be published.