PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI UBSI KAMPUS KOTA SUKABUMI BERI SOLUSI PELAKSANAAN RISET PROPOSAL HIBAH DI ERA PANDEMI

0 5

Sukabumi-Bsi News

Tidak dapat dipungkiri, pandemi wabah virus Corona telah mengubah gaya hidup (life style) masyarakat Indonesia. Salah satu yang terdampak langsung adalah dunia pendidikan. Sejak himbauan social and physical distancing sampai pada Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) diterapkan pemerintah, pelaksanaan riset secara langsung di lapangan menjadi terhambat. Hal ini menjadi perhatian Program Studi Sistem Informasi Kampus Kota Sukabumi untuk berbagi solusi melalui kegiatan webinar UBSI NEXT (Notable Expert Talk) dengan tema “Pelaksanaan Riset Proposal Hibah di Era Pandemi dan Kebijakan Social Distancing”.

Kegiatan webinar yang diselenggarakan pada hari Kamis, 11 Juni 2020 melalui teleconference menggunakan aplikasi Zoom dipandu oleh Rusda Wajhillah, M.Kom, dosen Universitas Bina Sarana Informatika selaku moderator. Kegiatan diawali dengan sambutan dari Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Bina Sarana Informatika, bapak Taufik Baidawi, M.Kom. dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh narasumber yaitu bapak Agung Wibowo, S.T., M.Kom yang juga menjabat sebagai Ketua Program Studi Sistem Informasi Kampus Kota Sukabumi.

Tujuan dari webinar ini adalah untuk berbagi informasi usulan pelaksanaan riset hibah dan agar peserta webinar mengetahui alternatif atau opsi pelaksanaan riset saat pandemi. Sedangkan manfaat bagi peserta webinar yaitu dapat memperoleh tambahan pengetahuan dan wawasan tentang bagaimana melakukan riset proposal hibah serta sebagai bahan pertimbangan peserta webinar dalam pengambilan keputusan lokasi riset penelitiannya.

Dalam materinya, Agung memaparkan tentang masalah pada riset dan penelitian serta memberikan usulan solusinya. Selain itu disampaikan pula beberapa peluang riset dan penelitian yang dapat dilakukan selama pandemi Covid-19 dan era new normal. Simpulan dari pemaparan materi tentang pelaksanaan riset proposal hibah di era pandemi dan kebijakan social distancing yaitu: arahkan penelitian menggunakan data sekunder, jika wajib menggunakan data primer maka patuhi protokol kesehatan yang berlaku, gali dan kembangkan kemampuan komunikasi, serta jaga “silaturahmi” dengan relasi yang menjadi narahubung.

Webinar yang berlangsung dari pukul 10.00 hingga 11.00 WIB ini diikuti oleh 42 peserta dari berbagai kalangan dan daerah, seperti dosen, guru, mahasiswa, pelajar, karyawan dan lain-lain. Peserta cukup interaktif dalam mengikuti webinar ini dengan antusias bertanya kepada narasumber. Semoga webinar ini bermanfaat bagi para peserta serta dapat memberikan pengetahuan, edukasi serta pencerahan dalam pelaksanaan riset proposal hibah di era pandemi. 

 

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.