Workshop Pengenalan Pemanfaatan Layanan Google Suite for education untuk Guru dan Santri pada TPQ Nurul Huda

0 202

Jakarta BSI-News 

Di tengah situasi pandemi Covid-19, tidak menghalangi sejumlah guru dan santri TPQ Nurul  Huda Tanjung Priok Jakarta Utara kehilangan semangat untuk menuntut ilmu. Justru di tengah kesulitan tersebut, mereka bersemangat  untuk berpartisipasi dalam Pengabdian Masyarakat yang digelar oleh Prodi Sistem Informasi Kampus UBSI Salemba Jakarta lewat kegiatan Pengabdian Masyarakat dengan tema Workshop Pengenalan Pemanfaatan Layanan Google Suite for Education bagi Guru dan Santri TPQ Nurul  Huda.

Kegiatan yang digelar pada Sabtu, 13 Juni 2020 lalu dilakukan secara  online melalui Zoom Meeting dengan peserta sebanyak 27 orang. Kepala  TPQ  Nurul  Huda Ela Nurlaila Wati, S,Pd.I menyambut baik kegiatan pengabdian  masyarakat tersebut. “Kami para guru dan santri senang dengan kegiatan workshop ini yang bisa menambah pengetahuan anak-anak dan guru,” katanya.

Kegiatan workshop sendiri dilakukan dengan sistem interaktif secara  online. Para  peserta terlihat dengan tekun menyimak penjelasaan yang diberikan oleh para tutor berpengalaman dari kampus BSI. Google Suite for Education merupakan produk dari Google berupa seperangkat alat produktivitas dan kolaborasi dengan sistem google cloud untuk sekolah dan lembaga pendidikan termasuk staff, guru dan juga siswa untuk memudahkan sistem belajar mengajar yang lebih baik.

Layanan yang dapat dinikmati pada Google Suite for Education adalah google mail untuk mengirim dan menerima pesan baik dalam bentuk dokumen, foto maupun video, google meet merupakan percakapan video secara online bisa menjadi media alternative untuk guru mau murid di tpq nurul huda dalam pembelajaran online.

Fasilitas lainnya adalah Google  Drive sebagai tempat penyimpanan data untuk seluruh kebutuhan pendidikan, Kalender untuk mengatur jadwal meeting, Google hangout untuk mengadakan meeting, Google Office (Docs, Spreadsheet, Slide) untuk membuat tugas sekolah, Google Site untuk membuat website sekolah dan Google Vault untuk mengarsipkan semua data anda seperti email, G-drive, chat dan lainnya. kelebihan dari Google Suite for Education adalah kemudahan dalam berkolaborasi data, mobile friendly dan gratis

Leave A Reply

Your email address will not be published.