Mahasiswa UBSI Asal Karawang Harumkan Indonesia Pada Ajang World Sambo Championship

1 129

Karawang Bsi-News

Berita gembira diterima dari ajang WORLD Sambo Championships yang berlangsung di Novi Sad, Serbia, pada 5-8 November 2020. Atlet Sambo Indonesia asal Karawang yang juga merupakan mahasiswi Program Studi Sistem Informasi Akuntansi Universitas Bina Sarana Informatika Kampus Karawang, Desiana Syafitri yang mewakili Indonesia sukses meraih medali perak di ajang World Youth and Junior SAMBO Championships di Serbia, Jumat (6/11). Desiana Syafitri tak henti-hentinya mengharumkan nama Indonesia melalui olahraga yang digelutinya. Setelah sebelumnya pernah sukses meraih medali emas di SEA Games 2019.

Sambo merupakan olahraga atau seni bela diri yang berasal dari Rusia yang merupakan singkatan dari Samozashchita Bez Oruzhia yang artinya pertahanan diri tanpa senjata. Hingga saat ini Sambo masih digunakan untuk seni bela diri militer tentara Rusia. Sambo menggabungkan gulat dan judo dengan menekankan pada kemampuan kontrol dan kuncian kaki. Sambo mengajarkan praktisi cara untuk mengakhiri perkelahian dengan cepat.

Ketua Umum Persatuan Sambo Indonesia (Peresambi) Kabupaten Karawang, Sulthoni Adam, dengan sapaan akrab Toni pun turut mengaku bangga atas keberhasilan atletnya Desiana Syafitri kembali menembus skuat inti tim sambo Indonesia. Semua ini tak lepas dari kerja keras Desi dalam proses latihan dan juga dukungan orang tua, keluarga besar sambo Karawang dan judo Karawang. Harapannya kedepan prestasi yang ditorehkan Desi bisa membakar semangat atlet-atlet lainnya untuk terus meningkatkan performa dalam proses latihan yang di gelar setiap hari nya, karena sambo Karawang masih memiliki target besar lainnya yang akan coba direalisasikan.

Wakil Sekretaris Jenderal Pengurus Besar (PB) Persambi, Arnold Silalahi, yang turut mendampingi Desi ke Serbia, mengatakan, tujuan mengikuti kejuaraan sambo dunia yaitu untuk bisa mengantarkan atlet Indonesia, khususnya Desi berprestasi di level dunia.

Berikut prestasi Desianasebelumnya

-Juara 3 Kelas 52 Kg 2019 Chungju World Martial Arts Mastership

-Juara 1 Kelas 52 Kg SEA GAMES Ke-30 Philipphines 2019.

-Juara 2 Kelas 52 Kg Kejuaraan Nasional SAMBO 2019

-Juara 3 Kelas 48 Kg SAMBO 25th Asian Championships Ulanbatar, Mongolia 2018.

-Juara 1 Kelas 48 Kg PORDA Jabar XIII 2018.

Setelah melalui babak kualifikasi, Desiyana berhasil menyingkirkan wakil dari Negara Peserta Lain terutama para pesaing kuat (Ex  negara Uni Soviet) tempat oleh raga Sambo ini berasal dan Desiana pun berhasil masuk ke babak Final meski harus puas di urutan kedua dengan meraih medali perak. Berikut urutan peringkat WORLD Sambo Championships kelas putri Juniors (W) 48 kg

1. IBODULLAEVA Musharraf (UZB)

2. SYAFITRI Desiana (INA)

3. VARLAMOVA Kristina (RUS)

3. CHAPLINSKA Marta (UKR)

Perjuangan tentunya tidak mengkhianati Hasil, Desiana berhasil menjadi Juara 2 World Sambo Championship, dan mengharumkan Nama Indonesia Dikancah Dunia. Tak lupa di sela-sela kemenangannya  Desiana Syafitri Menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) yang telah mendukungnya untuk selalu berprestasi sehingga dapat membawa nama baik Indonesia dan Kampus di kancah tingkat Internasional. Pada kesempatan itu Hasan Basri, M. Kom yang merupakan Koordinator Kemahasiswaan UBSI Kampus Karawang berharap “Semoga dengan Prestasi yang diraih Desiana Syafitri, dapat menjadi Motivasi dan mendorong mahasiswa UBSI lannya Untuk juga ikut  Berprestasi”, ujarnya. Selamat dan Sukses buat Desiana Syafitri,  teruslah semangat, berprestasi dan menjadi Atlet Kebanggaan Indonesia (IAV)

1 Comment
  1. […] Baca Juga: Mahasiswa UBSI Asal Karawang Harumkan Indonesia Pada Ajang World Sambo Championship […]

Leave A Reply

Your email address will not be published.