Bantu Pencarian Arsip Mahasiswa Universitas BSI Ciptakan Aplikasi untuk Kearsipan LIPI Bogor

0 31

Bogor Bsi-News

Terus berprestasi dan menciptkan karya terbaik terus dilakukan oleh mahasiswa Universitas BSI. Seperti salah satunya yang dilakukan oleh Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Teknik dan Informatika Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) kampus Bogor, menyerahkan aplikasi hasil karya mahasiswanya, kepada Arsiparis Kawasan LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia) Bogor, secara online melalui zoom,  Selasa (10/08) silam.

Hal ini dilakukan sebagai bentuk pertanggungjawaban mahasiswa Universitas BSI dalam penyusunan tugas akhir yang diimplementasikan kepada masyarakat. Acara ini dihadiri oleh Pembimbing instansi Erti Ernawati dan Nurmaya Saputri serta Dosen Pembimbing Tugas Akhir Hilda Rachmi dan Dini Setyorini, serta tim pembuat aplikasi yang terdiri dari Fajar Ilyasa, Wika Azizah Rahmah, dan Nofian Dewantara.

Menurut Erti, aplikasi ini membuat pekerjaan ditempatnya, lebih fleksibel karena dapat dilakukan di kantor dan di rumah. Terutama pada masa pandemi ini, yang menyebabkan pegawai harus bekerja dari rumah (WFH). Penggunaan teknologi melalui sistem informasi ini, sejalan dengan arahan Presiden RI, Joko Widodo, yang mengajak masyarakat untuk turut serta dalam transformasi digital.

“Saya mengucapkan banyak terima kasih karena telah membantu bagian sistem kearsipan dengan mengoptimalkan kinerja bagian sistem kearsipan melalui pembuatan sistem informasi. Dengan adanya aplikasi ini, memudahkan pencarian berkas yang dibutuhkan secara cepat dan dapat langsung mengirimkan berkas tersebut melalui email,” imbuhnya.

Fajar Ilyasa, perwakilan dari mahasiswa pembuat aplikasi ini menerangkan, awal mula dibuatnya aplikasi tersebut, muncul dari ide dan gagasan terkait dengan proses pengarsipan yang butuh waktu lama. Sehingga perlu diciptakan alat (teknologi) yang dapat membantu mencari data agar proses kerja lebih efisien.

“Dibuat karena bagian pengarsipan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mencari data-data yang seharusnya digunakan, apabila sudah terlalu lama di simpan, di dalam Microsoft Excel. Aplikasi ini dapat meningkatkan keamanan data arsip surat, karena data surat tersebut sudah berbasis digital dan lebih mudah untuk di periksa kembali,” pungkas Fajar.

Rancang bangun Sistem Informasi berbasis website ini, menyediakan fitur notifikasi arsip kadaluwarsa dan cetak laporan berkala serta pengembalian data yang telah di hapus.

Hilda Rachmi mengucapkan banyak terima kasih kepada pihak Arsiparis LIPI Bogor yang telah menerima dan membimbing mahasiswa Program Studi Sistem Informasi kampus Bogor, Fakultas Teknik dan Informatika Universitas BSI sehingga dapat menyelesaikan aplikasi ini dengan baik dan sesuai kebutuhan di bagian arsiparis LIPI Bogor.

“Semoga hubungan baik ini dapat berlanjut dan semoga mahasiswa Universitas BSI, dapat membantu menyelesaikan permasalahan masyarakat melalui pembuatan aplikasi lainnya,” tutup Hilda.

Leave A Reply

Your email address will not be published.