Pemanfaatan Google Form Untuk Pendistribusian Soal

0 89

pengabdian-masyarakat

Bogor, BSINews – Penggunaan Google Form, bermanfaat bagi pendistribusian untuk kebutuhan pendataan secara online. Maka tak heran, jika saat ini, banyak sekali orang-orang yang mengumpulkan data, dengan media tersebut. Tak terkecuali dalam pendistribusian kuesioner.

Dosen Universitas BSI (Bina Sarana Informatika), melakukan pelatihan dengan tema “Penerapan Aplikasi Google Form di Dalam Pembelajaran pada Yayasan Madrasah Al Muhajirin”, Kota Bogor, Sabtu (9/10) silam.

Baca Juga : Pemanfaatan Google Form Untuk Kegiatan Unit Administrasi Kesekretariatan Kelurahan Kebon Bawang

Kegiatan berlangsung secara daring, melalui zoom, mengingat, masih dalam penerapan kepatuhan protokol kesehatan dan jaga jarak, karena Covid-19. Pelatihan ini, diikuti oleh para guru Mts Al Muhajirin, Kota Bogor.

Sinta Rukiastiandari, selaku ketua tim Pengabdian Masyarakat mengungkapkan, dengan banyaknya kebutuhan pengumpulan data, dengan kondisi masih pandemi, pemanfaatan Google Form dirasa sangat penting.

“Saat ini, karena masih berlakunya pembatasan kegiatan diluar rumah, maka pemanfaatan media digital untuk melakukan pekerjaan sangat dianjurkan,” ujarnya.

Selain itu, tak hanya untuk pendistribusian data, penggunaan Google Form, bisa menjadi media pembelajaran untuk para siswa.

“Dalam google form, juga bisa dibuatkan untuk membuat soal-soal pelajaran. Siswa bisa lebih mudah untuk mengisi soal tersebut dan bisa digunakan untuk soal pilihan ganda maupun esai,” jelasnya.

Sementara itu, Widiarina sebagai tutor mengatakan, pelatihan ini juga sebagai bentuk kepedulian dan tanggung jawab para dosen, dalam memberikan sumbangsih pengetahuannya untuk masyarakat.

“Selain memang sudah merupakan kewajiban dalam pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi sebagai point pengabdian masyarakat dan tanggung jawab Bersama sesama manusia insan pendidikan untuk saling mengisi dan membantu,” ujarnya.

“Ini juga merupakan tanggung jawab kami sebagai dosen dan mahasiswa dalam melaksanaan pengabdian tersebut yang diamanatkan Undang Undang Pendidikan yaitu pengabdian terhadap masyarakat,” katanya.

Baca Juga : Mengenal Google Form: Pengertian, Kegunaan & Pembuatan Bagi UMKM

Pihak Mts Al Muhajirin berharap, kegiatan-kegiatan seperti ini ingin terus berlanjut dan tidak hanya digelar sekali ini saja.

“Kami harap kegiatan ini bisa terus berlangsung di masa-masa selanjutnya. Semoga Universitas BSI menjadi kampus unggul dan terdepan dalam memberikan pelayanan pendidikan di Indonesia,” ujarnya salah satu perwakilan dari Mts Al Muhajirin.(MKU)

Leave A Reply

Your email address will not be published.