Dosen Universitas BSI Berikan Pelatihan Bahasa Inggris Imperative Sentence

0 0

pelatihan bahasa inggris

Tangerang, BSINews – Dosen Program studi (prodi) Bahasa Inggris, Fakultas Komunikasi dan Bahasa (FKB), Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) berhasil mengadakan pengabdian masyarakat. Kegiatan ini mengusung tema ‘Pelatihan Membuat Kalimat Perintah dalam Bahasa Inggris’ untuk Organisasi Fatayat NU, Tangerang pada Sabtu (2/10) silam.

Tim dosen terdiri dari Titi Dewi Rohati, Wiruma Titian Adi, Dadan Hidayat, Unpris Yastanti dibantu beberapa mahasiswa. Wiruma Titian Adi sebagai tutor menjelaskan bahwa dalam penggunaannya kalimat bahasa inggris dapat dibagi menjadi beberapa, salah satunya imperative sentence atau kalimat perintah, nasihat, komentar, permintaan.

Baca Juga : Pelatihan Bahasa Inggris Daily Practice Speaking on Starting, Extending, and Ending a Telephone

Imperative sentence adalah sentence type (tipe kalimat) yang digunakan untuk membuat perintah (command), peringatan (warning), instruksi (instruction), nasihat (advice), juga permintaan (request). Ciri umum dari imperative sentence yang tertulis adalah ada akhiran berupa exclamation mark (!) atau mengandung kata please. Misalnya ‘Listen! atau ‘Close the door!’,”jelas Wiruma dalam rilis yang diterima, Sabtu (16/10).

Ia juga menambahkan, seringkali imperative sentence juga bisa tidak mengandung tanda seru atau kata please. Walaupun imperative sentence identik dengan tanda seru, namun ada juga kalimat yang memiliki kalimat tanya atau question tag yang hanya membutuhkan jawaban ya atau tidak.

“Keunikan dari imperative sentence ini bisa saja tidak memiliki subjek atau kata ganti orang. Jadi dapat hanya berupa peringatan tanpa menyebut siapa orangnya, contohnya seperti kalimat ‘Please be quiet’ atau ‘Open the window!’,” imbuhnya.

Sementara itu, Rina sebagai salah satu peserta kegiatan pelatihan ini menuturkan bahwa pelatihan yang diberikan sangat membantunya dalam menguasai bahasa inggris. Melalui pelatihan ini, Ia banyak menemui kalimat bahasa inggris yang dapat diterapkan dalam kegiatan sehari-hari.

Baca Juga : Bangun Kepercayaan Diri Mahasiswa Dengan Berbahasa Inggris

“Pelatihan ini sangat bermanfaat untuk belajar bahasa Inggris, mulai dari kalimat perintah yang memang mudah diterapkan dalam kehidupan sehari-hari dan dapat ditujukan untuk siapa saja. Semoga, pelatihan ini tetap terlaksana secara terus-menerus dan dosen Univesitas BSI dapat memberikan ilmu bahasa Inggris lainnya,” tutup Rina.(MKU)

Leave A Reply

Your email address will not be published.