Edukasi Remaja Masjid Melalui Pelatihan Berbicara Bahasa Inggris

0 12

pengabdian-masyarakat universitas bsi

Tangerang, BSINews – Bahasa inggris merupakan salah satu bahasa internasional yang sering digunakan untuk berkomunikasi. Ada empat aspek kemampuan berbahasa yang diajarkan pada mata pelajaran bahasa Inggris yaitu reading, writing, listening dan speaking serta ditingkat Perguruan Tinggi lebih difokuskan ke dalam pengembangan dari keempat kemampuan tersebut.

Melihat hal tersebut, sekumpulan dosen prodi Bahasa Inggris Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) mengadakan pengabdian masyarakat (PM) bersama ikata remaja Masjid Al-Muttaqin, Pondok Jagung, Tangerang, Ahad (12/9) lalu.

Baca Juga : Dosen Universitas BSI Berikan Pelatihan Bahasa Inggris Imperative Sentence

PM yang berfokus pada penggunaan gambar dan pertanyaan panduan dalam pengajaran berbicara bahasa inggris ini beranggotakan Fitri Apriyanti, Rahmi Aulia Nurdini, Nurhayati S, Yenni Arif dan Rahman, serta beberapa mahasiswa Universitas BSI.

Dalam sambutannya, Fitri mengungkapkan sehubungan dengan upaya pencegahan pandemi Covid-19, pelaksanaan pengabdian masyarakat kali ini dilakukan secara daring menggunakan melalui zoom.

“Namun, dalam pelaksanaannta ada beberapa dosen yang hadir langsung di lokasi Masjid Al-Muttaqin dengan tetap menaati protokol kesehatan,” tutur Fitri, Ahad, (12/9).

Fitri menyampaikan, metode bercerita merupakan metode yang paling ampuh dalam meningkatkan kemampuan berbicara.

“Kegiatan berbicara dengan metode bercerita ini dapat digunakan tanpa media dan dapat pula digunakan dengan media, salah satu media yang digunakan adalah media gambar,” paparnya.

Ia mengatakan, media gambar adalah media yang merupakan reproduksi bentuk asli dalam dua dimensi yang berupa foto atau lukisan.

“Penggunaan media gambar dalam pembelajaran mempunyai beberapa kelebihan yaitu bersifat konkret, mengatasi batasan ruang dan waktu, mengatasi keterbatasan pengamatan, memperjelas suatu masalah, harga lebih murah dan mudah didapat,” ujarnya.

Baca Juga : Bangun Kepercayaan Diri Mahasiswa Dengan Berbahasa Inggris

Sedangkan, menurutnya, pertanyaan panduan digunakan untuk memudahkan bercerita mengenai suatu gambar.

“Pengabdian masyarakat ini dilaksanakan untuk memberikan pelatihan penggunaan gambar dan pertanyaan panduan dalam pengajaran berbicara bahasa inggris,” tukasnya.(MKU)

Leave A Reply

Your email address will not be published.