Pentingnya Teknik Penyutradaraan Dalam Produksi Film

Memahami Pentingnya Teknik Penyutradaraan Dalam Produksi Film

0 28

BSINews, JAKARTA –  Kita memang sering mendengar kata sutradara, namun belum banyak orang memahami pengertian dan tugas-tugas seorang sutradara. Sutradara memang tidak pernah tampil di depan kamera, namun perannya, sangat menentukan hasil akhir dalam produksi film.

Banyak orang pasti mengetahui nama-nama sutradara dalam sebuah film, namun, tidak banyak orang mengetahui perihal penyutradaraan. Banyak yang harus sutradara kuasai terkait teknik penyutradaraan dan sinematografi dalam produksi film.

Untuk itu, Universitas BSI (Bina Sarana Informatika), melalui Fakultas Komunikasi dan Bahasa, dari Program Studi Penyiaran (Broadcasting) mengadakan kegiatan seminarSeminar dengan tema ‘Teknik Penyutradaraan, Sinematografi, dan Bagaimana Menjadi Sutradara Film’, ini berlangsung secara online pada Senin (06/12).

Baca Juga : Pendalaman Teknik Kamera dan Tata Cahaya Dalam Produksi Program TV

Kegiatan yang dilaksanakan secara online melalui zoom ini, menghadirkan narasumber Jody Surendra selaku Founder Studio Atas Production House. Dalam penjelasannya, Jody menerangkan tentang penyutradaraan.

Pentingnya Peran Sutradara Dalam Produksi Film

Menurutnya, seorang sutradara harus melakukan kerja sama dengan penulis naskah, penata kamera, dan lain-lain, dalam merencanakan sebuah produksi film. Tak hanya itu, seorang sutradara bertugas memberikan informasi, mengarahkan, mengatur, memberikan catatan, dan memimpin para aktor agar dapat memerankan karakter masing-masing sebaik mungkin.

“Sutradara selalu menjadi salah satu nilai dalam menentukan kualitas sebuah film. Maka tak heran, jika sutradara pun harus melakukan kerja sama yang baik dalam tim. Seorang sutradara juga bertugas untuk mengarahkan kru dan pemain, saat proses pembuatan sebuah karya film. Bahkan, memasuki fungsi sutradara bahwa sutradara harus mampu melatih dan memimpin para pemeran, serta menjadi koordinator dalam menyelesaikan tugas-tugas akhir dalam produksi,” ucap Jody.

Baca Juga : Prospek Karir Bergensi di Prodi Broadcasting UBSI

Jody juga menambahkan bahwa, dengan mengikuti seminar online ini, diharapkan dapat menghasilkan talenta-talenta baru dalam profesi sutradara, yang mampu mengarahkan sebuah tayangan yang berkualitas baik dan mampu bersaing dengan sineas lainnya. BLL / RDX

Leave A Reply

Your email address will not be published.