Sinkronisasi Kurikulum Prodi Administrasi Bisnis dengan DUDI dan Dunia Kerja

2 102

JAKARTA, BSINews – Program Studi (prodi) Administrasi Bisnis, Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) sukses mengadakan sinkronisasi kurikulum prodi Administrasi Bisnis dengan dunia usaha dunia industri (DUDI) dan dunia kerja. Kegiatan ini digelar secara daring lewat zoom, Rabu (15/12) silam.

Kegiatan ini bertujuan untuk me-review kurikulum yang berlaku di perguruan tinggi, yang diselaraskan atau disinkronisasikan dengan kebutuhan Mitra (Dunia kerja). Selain itu, bisa dengan merevitalisasikan mata kuliah yang memerlukan pembaharuan untuk menyiapkan lulusan yang mampu bersaing di dunia kerja.

Baca Juga : FEB Universitas BSI Tingkatkan Sinkronisasi Kurikulum dengan Dudika

Narasumber yang dihadirkan ialah Hidayat Priharjanto, selaku General Manager HSE PT ISTEM & PT ACTEM serta Diyanah Kholidah, selaku Kepala Seksi Pelayanan KPP Pratama Kramat Jati. Hidayat menjelaskan, ada beberapa hal yang harus dimiliki oleh beberapa lulusan, mengingat saat ini kemampuan manusia sudah bersaing dengan Artificial Intelligence.

“Para lulusan administasi bisnis diharapkan mampu menguasai dokumen kontrol dan persiapan Bahasa Inggris yang tadinya toefl, sebaiknya diganti dengan Toeic. Kemampuan komunikasi, juga menjadi hal penting untuk bisa bersaing di dunia kerja, karena banyak lulusan yang cerdas, namun tidak mengerti etika berkomunikasi yang baik dan benar,” ujar Hidayat dalam rilis yang diterima, Selasa (21/12).

Selaras dengan Hidayat, Diyanah juga menyampaikan bahwa kemampuan komunikasi sangatlah penting untuk para lulusan administasi bisnis disamping profil lulusan, salah satunya adalah marketing officer. Diharapkan dengan adanya banyak mata kuliah praktik komunikasi, mahasiswa mampu menguasai teknik berkomunikasi dengan relasi.

Sementara itu, Fera Nelfianti, selaku kaprodi Administrasi Bisnis menjelaskan bahwa, kurikulum yang sedang diterapkan adalah kurikulum sejak tahun 2017. Sehingga perlu adanya pembaharuan menyesuaikan dengan kebutuhan DUDI dan dunia kerja.

Baca Juga : Tingkatkan Kualitas Kurikulum Prodi Humas Universitas BSI, Melalui Sinkronisasi Mitra DUDI

“Pembaharuan kurikulum ini bertujuan agar para lulusan memiliki bekal untuk bisa bersaing nantinya. Selain itu, berkat saran dari salah satu alumni Universitas BSI yang pernah bekerja di MNC dan Tokopedia, perlunya peningkatan mata kuliah mengenai dunia digital marketing dan personal branding,” tutupnya.(MKU)

2 Comments
  1. […] Baca Juga : Sinkronisasi Kurikulum Prodi Administrasi Bisnis dengan DUDI dan Dunia Kerja […]

  2. […] Baca Juga:Sinkronisasi Kurikulum Prodi Administrasi Bisnis dengan DUDI dan Dunia Kerja  […]

Leave A Reply

Your email address will not be published.