Tingkatkan Kualitas Kurikulum Prodi Humas Universitas BSI, Melalui Sinkronisasi Mitra DUDI

0 24

JAKARTA,BSINews – Meningkatkan kualitas kurikulum, berperan yang sangat penting dalam dunia pendidikan, juga ebagai salah satu upaya mengarahkan pendidikan kedepannya agar berjalan lebih baik dan maksimal.

Dalam rangka peningkatan kualitas pembelajaran, Program Studi (prodi) Hubungan Masyarakat (Humas) Fakultas Komunikasi & Bahasa, Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) melakukan kegiatan Sinkronisasi Kurikulum dengan Mitra Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI) yang berlangsung pada Rabu (15/12).

Baca Juga : Prodi Humas Tingkatkan Mutu SDM Melalui Sosialisasi Praktik Kerja Lapangan

Kegiatan ini diperuntukkan bagi tim unit pengembangan akademik Prodi Humas atau Public Relations (PR) Universitas BSI, dalam pengembangan kurikulum pembelajaran dan capaian pembelajaran yang sinkron dengan perkembangan dan kebutuhan DUDI.

Akhmad Zulfikri, selaku Corporate Secretary PT. Hotel Indonesia Natour (Persero) sebagai narasumber pertama, menyampaikan dalam materinya bahwa, beberapa materi pembelajaran perlu dilakukan pembaharuan. Bisa dalam bentuk penggabungan atau penambahan materi baru.

”Salah satu mata kuliah Dasar-Dasar Jurnalistik dapat digabung dengan materi Penulisan Naskah PR. Hal ini atas pertimbangan bahwa materi yang disajikan dalam mata kuliah tersebut, dapat digabungkan. Sehingga tidak terlalu banyak teori yang disampaikan,“ ucap Zulfikri.

Dalam pemaparanya, ia juga memberikan masukan yaitu dalam mata kuliah Corporat Social Responsibility, sebaiknya mengacu pada Sustainable Development Goals (SDGs), yang diuraikan dalam 17 tujuan SDGs. Lalu ditambahkan lagi dengan pengukuran kinerja PR yang terintegrasi dengan AMEC (International Association for Measurement and Evaluation of Communication) sebagai Asosiasi Internasional untuk Pengukuran dan Evaluasi Komunikasi, untuk mata kuliah Riset PR dan Kampanye PR.

Sedangkan pada mata kuliah Manajemen Event, updating materi bukan hanya pada event, akan tetapi mengarah pada MICE (meetings, incentives, conferencing, exhibitions), serta stakeholders management.

Kurikulum Prodi Humas Universitas BSI

Sementara itu, Heri Susanto, selaku Staff Passenger Service PT Angkasa Pura Solusi, yang juga alumni Universitas BSI, sebagai narasumber kedua mengakui, sebagai alumni Prodi Hubungan Masyarakat Universitas BSI merasakan manfaat apa yang dipelajari selama kuliah di prodi tersebut.

“Sebagai alumni Universitas BSI, saya merasakan banyak manfaat yang dirasakan ketika memasuki dunia kerja saat ini. Seorang PR (Public Realtion) perlu memikirkan bagaimana penampilan di depan publik. Sebab salah satu value dari seorang PR selain kemampuan adalah penampilan. Selain itu, juga perlu menambahkan dengan stakeholders management,” tandas Heri.

Baca Juga : Pelantikan Kepengurusan HIMA HUMAS Universitas BSI Tahun 2021

Menanggapi hal tersebut, Ita Suryani, ketua Program Studi Hubungan Masyarakat Universitas BSI memaparkan, kegiatan ini merupakan bentuk sharing dan diskusi terkait apa yang menjadi masukan bagi pengembangan kurikulum prodi korelasinya dengan dunia usaha dan dunia industri.

“Beberapa materi perkuliahan yang perlu ditambahkan menjadi fokus kami dalam meng-upgrade kurikulum prodi hubungan masyarakat ke depannya. Dan kami berharap akan ada waktu luang untuk secara khusus membahas kurikulum secara lebih teknis dan mendalam,” tutup Ita.(MKU)

Leave A Reply

Your email address will not be published.