Belajar Referensi Mendeley, Bersama Prodi Sistem Informasi Akuntansi Universitas BSI Kampus Bogor

0 57

BOGOR, BSINews – Secara umum, referensi merupakan informasi yang digunakan sebagai rujukan atapun sumber acuan untuk mempertegas suatu pernyataan. Referensi biasa digunakan untuk membuat suatu karya artikel ilmiah, buku, ataupun tugas akhir Mahasiswa. Aplikasi yang digunakan untuk mengorganisir referensi, diantaranya adalah Mendeley, Zotero, RefMe, dan EndNote.

Untuk mendukung hal tersebut Program Studi (Prodi) Sistem Informasi Akuntansi Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) kampus Bogor, mengadakan workshop pengelolaan referensi artikel ilmiah menggunakan Mendeley. Workshop ini dikhususkan untuk mahasiswa semester VI (Enam) yang dilakukan secara daring, melalui zoom meeting, Rabu (2/3).

Baca Juga : HIMASI UBSI Tasikmalaya Gelar Workshop Mendeley

Acara ini dihadiri oleh Rizal Amegia Saputra selaku Ketua Program Studi Sistem Informasi Akuntansi Universitas BSI kampus Sukabumi sekaligus menjadi narasumber dalam workshop, serta Candra Agustina selaku Ketua Program Studi Sistem Informasi Akuntansi Universitas BSI kampus Solo.

Candra Agustina sangat mengapresiasi workshop kali ini dan meminta para peserta, terutama mahasiswa semester akhir, untuk menyimak dengan baik karena aplikasi mendeley ini akan digunakan untuk keperluan pembuatan tugas akhir nanti.

“Kegiatan workshop ini sangat bagus sekali, karena peserta akan diajarkan sekaligus mempraktikkan secara keseluruhan, fungsi dan kegunaan dari masing-masing tools Mendeley. Mendeley adalah sebuah aplikasi yang dapat digunakan untuk membuat daftar pustaka secara otomatis,” kata Candra Agustina.

Sementara itu, Rizal Amegia Saputra narasumber kedua memaparkan secara jelas dan detail mengenai Mendeley. Mendeley adalah salah satu aplikasi referensi yang cukup user friendly, Word dan Mendeley merupakan satu kesatuan, sehingga dua software tersebut disatukan oleh sebuah plugin di Ms Word.

“Cara kerja Mendeley itu sendiri adalah pengguna cukup menyiapkan file referensi yang digunakan. Masukan file tersebut dalam Mendeley. Pengguna dapat klik Reference pada aplikasi Ms Word, pilih file referensi yang digunakan, maka akan tampil secara otomatis nama sumber dan tahun referensi. Dan untuk membuat Daftar Pustakapun mudah, pengguna cukup klik Bibliography, maka akan tampil secara detail file-file referensi yang digunakan. Lengkap dengan nama pengarang, tahun, judul artikel atau buku, dan lain-lain,” imbuhnya.

Baca Juga : Universitas BSI Berikan Workshop Zahir Accounting pada Dosen

Ia berharap, dengan adanya workshop Mendeley ini dapat membantu mahasiswa semester akhir untuk mengorganisir secara baik dan benar referensi yang digunakan sebagai acuan untuk paper tugas akhir ataupun artikel ilmiah mereka. Sehingga dapat menjadi dalam pembuatan daftar pustaka dan tidak lagi di ketik secara manual.(RDX)

Leave A Reply

Your email address will not be published.