Universitas BSI Berikan Tips Gunakan Mendeley dalam Kelola Referensi Artikel Ilmiah

0 187

BSINews, Jakarta- Mendeley adalah software manajemen referensi dan jaringan sosial akademis yang bisa membantu untuk mengorganisir publikasi hasil penelitian, menulis tugas akhir, skripsi, tesis, disertasi, dan berkolaborasi dengan peneliti lain secara online serta menemukan publikasi penelitian terakhir.

Workshop yang membahas pemanfaatan software Mendeley dalam pengelolaan Referensi Artikel Ilmiah ini, diselenggarakan oleh Universitas BSI (Bina Sarana Informatika), pada Rabu (2/3) secara daring, yang diikuti ratusan peserta, baik dari kalangan dosen maupun mahasiswa.

Baca Juga: Belajar Referensi Mendeley, Bersama Prodi Sistem Informasi Akuntansi Universitas BSI Kampus Bogor

Ketua prodi Sistem Informasi Akuntansi Universitas BSI, Rizal Amegia Saputra selaku narasumber menyampaikan manfaat dari workshop ini, agar peserta dapat mengelola penelitian, berkolaborasi dengan peneliti lainnya dalam peningkatan publikasi yang berkualitas, serta meningkatkan literasi dosen dan mahasiswa pada artikel ilmiah baik Nasional maupun bereputasi Internasional.

“Mendeley merupakan program komputer dan web yang dikembangkan elsevier untuk mengelola dan berbagi makalah penelitian, mencari data penelitian, dan bekerja sama antar peneliti secara daring,” ujar Rizal, Rabu (2/3).

Ia mengatakan, Mendeley menggabungkan aplikasi Mendeley Desktop, perangkat lunak manajemen referensi dan PDF dengan Mendeley Android and iOS dan Mendeley Web, serta jejaring sosial peneliti.

“Sebagai database referensi, file referensi seperti buku atau artikel dari jurnal dalam bentuk PDF, bisa disimpan dan diberi keterangan yang tepat untuk membantu mempermudah pencarian,” pungkasnya.

“File-file PDF yang disimpan juga bisa dibuka, dibaca, dan diberi catatan dengan sticky notes atau highlight. Tulisan yang dibuat dengan Microsoft Word, Open Office atau LaTex bisa dihubungkan dengan software Mendeley. Sehingga sitasi dan daftar referensi (bibliography) bisa disusun secara otomatis. Mendeley juga bisa dihubungkan dengan software manajemen referensi lainnya seperti EndNote, Papers dan Zotero,” paparnya.

Sementara itu, Adi Supriyatatna selaku ketua prodi Sistem Informasi Akuntansi Universitas BSI menyampaikan, terselenggaranya pelaksanaan workshop ini dapat mempermudah dosen dan mahasiswa dalam mengelola referensi sebuah artikel atau naskah yang belum terbit. Dimana referensi tersebut merupakan salah satu kekuatan dari tulisan.

Baca Juga: Workshop Penerapan APP Mendeley dan SPSS dalam Pembuatan Tugas Akhir “

“Tujuan dari workshop ini adalah untuk membantu mahasiswa dalam membuat laporan kerja praktik atau tugas akhir serta dapat membantu dalam mencari referensi rujukan penelitian. Rujukan yang diambil menjadi nilai dasar keterkaitan antara tulisan kita dengan tulisan sebelumnya. Naskah milik penulis lain dapat diambil metadata referensinya melalui Mendeley,” kata Adi, Rabu (2/3) lalu.

Tambahnya, Mendeley merupakan aplikasi pengelola sitasi dan referensi yang banyak digunakan penulis saat ini. Mendeley banyak disarankan oleh jurnal sebagai tool pengelola sitasi dan referensi. (RDX)

Leave A Reply

Your email address will not be published.