Universitas BSI Kampus Sukabumi Selenggarakan Workshop Pengelolaan Referensi Artikel Ilmiah

0 53

SUKABUMI, BSINews – Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) kampus Sukabumi, Program Studi Sistem Informasi Akuntansi bersama dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM), menyelenggarakan Workshop Pengelolaan Referensi Artikel Ilmiah menggunakan Mendeley yang digelar secara online, lewat zoom meeting, pada Rabu (2/3).

Acara ini dihadiri oleh Rizal Amegia Saputra selaku narasumber, sekaligus Ketua Program Studi (kaprodi) Sistem Informasi Akuntansi Universitas BSI kampus Sukabumi. Hadir pula Candra Agustina selaku kaprodi Sistem Informasi Akuntansi Universitas BSI kampus Solo dan Wawan Nugroho selaku moderator.

Baca Juga : Universitas BSI Berikan Tips Gunakan Mendeley dalam Kelola Referensi Artikel Ilmiah

Dalam sambutannya Candra menyampaikan tujuan diadakannya workshop ini yaitu untuk memberikan bantuan kepada mahasiswa yang sedang mempersiapkan tugas akhir atau skripsi, sehingga dapat melakukan penelitian yang berkualitas.

“Saya berharap dari hasil workshop ini akan dihasilkan studi-studi yang lebih berkualitas ke depannya, baik dari dosen maupun mahasiswa,” ucap Candra.

Sementara itu, Rizal Amegia Saputra menyampaikan dalam materinya, pentingnya etika ketika mengutip sumber dan memasukkan secara langsung dengan penggunaan Mendeley. Menurutnya, dengan memahami aturan manajemen referensi, dapat membuat keputusan yang lebih baik. Sifat etis menulis harus bercirikan kejujuran, tidak adanya plagiarisme, penghormatan terhadap hak kekayaan intelektual, validitas, dan akurasi.

“Keuntungan yang kita dapat yakni meminimalisir kesalahan penulisan, kesalahan format penulisan, membuat database perpustakaan yang pernah di sitasi, membangun mata rantai keilmuan secara terstruktur, memudahkan perubahan style yang mungkin diperlukan dan library dapat dibuka di berbagai device. Selama terhubung dalam satu akun yang sama,” jelas Rizal.

Baca Juga : Workshop Penerapan APP Mendeley dan SPSS dalam Pembuatan Tugas Akhir “

Disamping itu, Tiara, salah satu peserta mengatakan, dengan mengikuti workshop ini mendapatkan banyak ilmu mengenai pengelolaan referensi dan memberikan pengetahuan tentang penggunaan aplikasi Mendeley.

“Kegiatan workshop Mendeley ini memberikan pemahaman saya, mengenai pengelolaan referensi dengan menggunakan aplikasi Mendeley sehingga dapat membantu dan memudahkan mahasiswa serta dosen dalam mengorganisasikan referensinya,” tutupnya.(RDX)

Leave A Reply

Your email address will not be published.