Pelatihan Desain Grafis Menggunakan Canva Di TPA Al-Ihsan Duri Kosambi

0 143

BSINews, Jakarta-Di era digital ini semakin banyak instansi yang membutuhkan jasa dari graphic designer untuk kebutuhan konten. Desain grafis adalah salah satu bentuk seni lukis untuk menciptakan atau mengatur elemen rupa seperti ilustrasi, foto, tulisan, dan garis di atas suatu media. Visualiasi gambar lebih mudah diingat dibandingkan tulisan, hal itu lah yang menggambarkan betapa pentingnya visual yang menarik agar dapat mengarahkan minat perhatian audience pada pesan yang ingin disampaikan. Desain grafis memiliki peran cukup penting dalam berbagai aspek kehidupan seperti aspek ekonomi, sosial, budaya, ideologi, dan gaya hidup.

Berdasarkan kondisi tersebut, tim dosen dan mahasiswa dari Fakultas Teknik dan Informatika Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) melakukan “Pelatihan Desain Grafis Menggunakan Canva Pada Remaja TPA Al-Ihsan Duri Kosambi Jakarta Barat” bertempat di Aula Mushola Al Ihsan Duri Kosambi Jakarta Barat, pada Minggu (20/3).

Baca Juga: Dosen Universitas BSI Berikan Pelatihan Desain Grafis Bagi para Santri Pondok

Dirgahayu Erri, selaku ketua tim pengabdian masyarakat Universitas BSI  kali ini menjelaskan kegiatan ini merupakan salah satu bagian dari tridharma perguruan tinggi yaitu pengabdian masyarakat untuk membantu kelompok tertentu untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilannya.

“Remaja harus belajar bagaimana menggunakan media digital, alat dan fitur teknologi informasi secara tepat untuk membekali pengetahuan dan keterampilan mereka kedepan. Edukasi kelompok masyarakat dalam bentuk pelatihan kali ini memanfaatkan platform Canva, sebagai salah satunya aplikasi desain grafis secara online. Melalui pengabdian masyarakat kali ini dosen dan mahasiswa Fakultas Teknik dan Informatika Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) diharapkan dapat membuka wawasan remaja agar bisa memanfaatkan media, alat dan fitur teknologi informasi secara tepat,” kata Dirgahayu Erri.

Baca Juga : PELATIHAN DESAIN GRAFIS UNTUK PEMULA MENGGUNAKAN MICROSOFT PUBLISHER

Sementara itu, Pengurus TPA Al-Ihsan Duri Kosambi, Dewi Susanti mengungkapkan banyak hal yang didapatkan mengenai aplikasi Canva seperti  manfaat dari  fitur, kelebihan dan kekurangan, kegiatan disertai praktek bagaimana langkah dan teknik menggunakan aplikasi Canva untuk menghasilkan desain yang baik kepada para peserta.

“Pelatihan desain grafis dapat dijadikan alternatif menyalurkan kreativitas dan pembelajaran yang sangat bermanfaat bagi remaja untuk menambah pengetahuan serta keterampilan seputar teknologi digital sehingga dapat diaplikasikan pada kehidupan sehari-hari,” tutupnya.  (RDX)

Leave A Reply

Your email address will not be published.